PENGARUH KESESUAIAN HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BRT (BUS RAPID TRANSIT) TRANS SEMARANG MELALUI KUALITAS LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
Hidayatul Hasanah, 7101416285 (2020) PENGARUH KESESUAIAN HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BRT (BUS RAPID TRANSIT) TRANS SEMARANG MELALUI KUALITAS LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH KESESUAIAN HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BRT (BUS RAPID TRANSIT) TRANS SEMARANG MELALUI KUALITAS LAYANAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang sebagai transportasi umum di Semarang dirancang oleh pemerintah agar dapat mempermudah masyarakatnya dalam melakukan mobilitas setiap harinya, selain itu juga agar dapat mengurangi kemacetan di Semarang. Namun berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh BRT Trans Semarang belum optimal, karena belum sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesesuaian harga dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang melalui kualitas layanan sebagai variabel intervening. Subyek penelitian ini adalah konsumen BRT (Bus Rapid Transit) Trans Semarang tahun 2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui jumlahnya. Teknik sampling yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan sampel sebanyak 116 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesesuaian harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, (2) fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (3) kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen, (4) kesesuaian harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, (5) fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, (6) kesesuaian harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui kualitas layanan, (7) fasilitas berpengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui kualitas layanan. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah agar BRT Trans Semarang dapat meningkatkan pelayanan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP), sehingga BRT harus selalu cepat tanggap dalam memenuhi kebutuhan konsumennya. Karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen BRT Trans Semarang
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesesuaian Harga, Fasilitas, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | sri yuniati perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 07:49 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 07:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45079 |
Actions (login required)
View Item |