PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK TERHADAP MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DI KOTA SEMARANG


Indah Suryaningrum, 4201416083 (2020) PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK TERHADAP MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK TERHADAP MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DI KOTA SEMARANG] PDF (PROFIL LITERASI SAINS PESERTA DIDIK TERHADAP MITIGASI BENCANA TANAH LONGSOR DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran profil literasi sains peserta didik terhadap mitigasi bencana tanah longsor di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah mixed methods sequential explanatory dengan desain penelitian one shoot case study. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling di SMA Negeri 7 Semarang sebagai sekolah dekat dengan bencana (SMA A), dan SMA Negeri 11 Semarang sebagai sekolah yang jauh dari bencana (SMA B). Aspek literasi sains yang diuji adalah aspek pengetahuan, kompetensi/proses, konteks, dan sikap. Pengumpulan data menggunakan instrumen berbasis literasi sains berupa tes dan angket, serta wawancara. Berdasarkan analisis data, profil literasi sains peserta didik di sekolah dekat dan jauh bencana memperoleh persentase rata-rata 41,45%, dan 42,30% masuk dalam kriteria kurang sekali. Dengan demikian dapat dikatakan, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara profil literasi sains peserta didik pada sekolah dekat bencana dan yang jauh bencana. Selanjutnya, faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya literasi sains adalah kurangnya pengetahuan konsep sains peserta didik, metode pembelajaran dan bahan ajar yang digunakan, kurangnya kemampuan proses sains peserta didik, kegiatan literasi di sekolah, dan pemahaman peserta didik terhadap fenomena alam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: literasi sains, mitigasi bencana, tanah longsor.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:25
Last Modified: 30 Aug 2021 07:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45073

Actions (login required)

View Item View Item