PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA GURU SMK-SMP DI YAYASAN EKA SAKTI SEMARANG”


Hana’ Amiroh Yumna, 7101416208 (2020) PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA GURU SMK-SMP DI YAYASAN EKA SAKTI SEMARANG”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI HANA' AMIROH YUMNA - hana amiroh.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA GURU SMK-SMP DI YAYASAN EKA SAKTI SEMARANG”] PDF (PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA GURU SMK-SMP DI YAYASAN EKA SAKTI SEMARANG”) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kinerja guru merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk melaksanakan, menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan harapan dan tujuan yang telah ditetapkan. Permasalahan dalam kinerja guru yaitu guru belum sepenuhnya menguasai materi pembelajaran, metode yang digunakan tidak sesuai dengan kurikulum, tanggung jawab terhadap waktu pelaksanaan pembelajaran masih kurang dibuktikan dengan rekap absensi dan ada beberapa guru yang masih belum menyusun perangkat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional guru, disiplin kerja dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru SMK-SMP di Yayasan Eka Sakti Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah guru sekolah di Yayasan Eka Sakti Semarang tahun 2019/2020 yaitu terdiri dari guru SMK Hidayah dan SMP Eka Sakti yang berjumlah 55 orang. Penelitian ini adalah penelitian populasi yang berarti menggunakan seluruh jumlah guru di Yayasan Eka Sakti sebagai responden dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif analisis dan analisis regresi linier berganda dengan melakukan penyebaran angket. Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kompetensi profesional guru berada dalam kategori baik, disiplin kerja dalam kategori tinggi dan lingkungan kerja fisik berada pada kategori baik. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi profesional guru, disiplin kerja dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja guru secara bersama-sama sebesar F 32,395 dan sig (0,00 < 0,05). Kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,162 dan signifikansi 0,391 diatas taraf signifikansi 0,05 (0,391 > 0,05. Disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,371 dan sebesar 0,001 dibawah taraf signifikansi 0,05 (0,001 < 0,05). Lingkungan kerja fisik berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 0,416 dan signifikansi 0,005 dibawah taraf signifikansi 0,05 (0,005 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil simpulan bahwa (1) kompetensi profesional guru, disiplin kerja dan lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (2) kompetensi profesional guru berpengaruh positif terhadap kinerja guru namun tidak signifikan (3) disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru, (4) lingkungan kerja fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Saran yang dapat diberikan (1) guru lebih mengembangkan kompetensi profesionalnya dalam mendukung kinerja dari seorang guru (2) efektifitas lingkungan kerja perlu ditingkatkan sesuai kebutuhan dan kenyamanan yang disesuaikan dengan standar yang berlaku.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja Fisik, Kinerja Guru
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:26
Last Modified: 30 Aug 2021 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45071

Actions (login required)

View Item View Item