IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI REDOKS & TATA NAMA SENYAWA KIMIA


Ikrimatul Lailiah, 4301416021 (2020) IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI REDOKS & TATA NAMA SENYAWA KIMIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI REDOKS & TATA NAMA SENYAWA KIMIA] PDF (IMPLEMENTASI GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATERI REDOKS & TATA NAMA SENYAWA KIMIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kimia disekolah cenderung belum memberikan tempat kepada siswa untuk aktif dan kurang melatih pikirannya guna memupuk rasa ingin tahu siswa. Penerapan model pembelajaran guided inquiry merupakan pembelajaran yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu, sehingga sesuai dengan pengalamannya model guided inquiry dapat digunakan untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep khususnya pada materi redoks dan tata nama senyawa kimia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif dan kecerdasan interpersonal siswa melalui model guided inquiry. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan uji normalitas dan homogenitas dari populasi . Data penelitian diambil dengan metode tes dan non tes sebagai kesimpulan hasil penelitian. Metode tes untuk mengukur hasil belajar kognitif sedangkan data non tes berupa angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi biserial dan product moment . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai r dan koefisien determinasi hasil belajar kognitif siswa secara berurutan yaitu 0,60 dan 36% (2) nilai r dan koefisien determinasi kecerdasan interpersonal siswa secara berurutan yaitu 0,88 dan 78% (3) terdapat hubungan positif kuat antara kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar siswa sebesar 47% dengan didapat nilai r antara 0,5 dan 1,0. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh pembelajaran guided inquiry berbantuan e-LKPD terhadap hasil belajar kognitif dan kecerdasan interpersonal siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Kognitif, Kecerdasan Interpersonal, Guided Inquiry.
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:16
Last Modified: 30 Aug 2021 07:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45069

Actions (login required)

View Item View Item