PENGARUH KEBIJAKAN MANAJEMEN KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS PERIODE KRISIS GLOBAL (2007-2008) DAN PERIODE PASCA KRISIS GLOBAL (2009-2010)


Fadhila Karuniasih, 7311415175 (2020) PENGARUH KEBIJAKAN MANAJEMEN KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS PERIODE KRISIS GLOBAL (2007-2008) DAN PERIODE PASCA KRISIS GLOBAL (2009-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEBIJAKAN MANAJEMEN KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS PERIODE KRISIS GLOBAL (2007-2008) DAN PERIODE PASCA KRISIS GLOBAL (2009-2010)] PDF (PENGARUH KEBIJAKAN MANAJEMEN KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN CONSUMER GOODS PERIODE KRISIS GLOBAL (2007-2008) DAN PERIODE PASCA KRISIS GLOBAL (2009-2010)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan perusahaan yang utama yaitu meningkatkan kemakmuran pemiliknya dalam hal ini para pemegang saham dengan cara meningkatkan nilai perusahaan. Perusahaan diharapkan mampu melakukan pengambilan keputusan keuangan yang dilakukan secara tepat, karena setiap keputusan keuangan yang diambil akan mempengaruhi keputusan keuangan lainya yang berdampak pada nilai perusahaan. Nilai perusahaan akan meningkatkan pendapatan pemegang saham secara maksimum apabila harga saham perusahaan naik. Semakin tinggi harga saham suatu perusahaan, maka pendapatan para pemegang saham juga akan naik dan berdampak baik pula pada meningkatnya nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kebijakan manajemen keuangan yaitu keputusan investasi, keputusan pendanaan dan kebijakan manajemen terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 – 2010). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan consumer goods yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode krisis (2007- 2008) dan periode pasca krisis (2009-2010). Jumlah sampel yang digunakan adalah 128 data terdiri dari 32 perusahaan periode 2007 – 2010. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu didasarkan pada kriteria tertentu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, pengujian model dengan estimasi regresi data panel terbaik, dan analisis regresi berganda. Hasil uji model menunjukkan bahwa model estimasi data panel terbaik adalah random effect. Hasil uji hipotesis periode krisis dan pasca krisis menunjukkan keputusan investasi yang diukur dengan PER berpengaruh positif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan rasio PBV. Keputusan pendanaan periode krisis tidak signifikan dan positif, hasil pasca krisis yang diukur dengan DER berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan kebijakan deviden yang diukur dengan DPR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan untuk periode krisis dan tidak siginifikan positif untuk periode pasca krisis. Simpulan dari penelitian ini yaitu, keputusan pendanaan dan kebijakan deviden mempunyai sinyal yang baik terhadap perusahaan periode pasca krisis, sedangkan keputusan investasi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Investasi, Keputusan Pendanaan dan Kebijakan deviden, Krisis Global
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:19
Last Modified: 30 Aug 2021 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45068

Actions (login required)

View Item View Item