EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 2 KEBUMEN PADA MATERI SISTEM KOORDINASI


Ika Nurwardati Najmi, 4401416078 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 2 KEBUMEN PADA MATERI SISTEM KOORDINASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 2 KEBUMEN PADA MATERI SISTEM KOORDINASI] PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 2 KEBUMEN PADA MATERI SISTEM KOORDINASI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran biologi di SMA Negeri 2 Kebumen belum optimal dalam penggunaan media belajar diskusi serta kegiatan laboratorium. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab ketuntasan klasikal hasil belajar siswa hanya mencapai 63%. Tujuan penelitian Bantuan LKPD terhadap hasil belajar serta keterampilan proses sains siswa. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 dan MIPA 6 SMA Negeri 2 Kebumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen N-Gain 0,64 serta 86,12% lulus KKM (KKM ≥75), sedangkan kelas kontrol N-Gain 0,56 serta 77,15% lulus KKM (KKM ≥75). Keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen 70,99% pada kategori baik dan kelas kontrol 40,63% pada kategori cukup baik. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa nilai Sig. <0,05 yaitu terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran inkuiri terstruktur dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terstruktur efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan mengetahui keterampilan proses sains siswa di SMA Negeri 2 Kebumen. LKPD yang telah dibuat dapat digunakan oleh sekolah lain dan dikembangkan sesuai kebutuhan materi. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui adanya peningkatan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Inkuiri Terstruktur, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:13
Last Modified: 30 Aug 2021 07:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45067

Actions (login required)

View Item View Item