PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PENGETAHUAN INVESTASI DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI MINAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)


Yoga Ristanto, 7101416161 (2020) PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PENGETAHUAN INVESTASI DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI MINAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PENGETAHUAN INVESTASI DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI MINAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)] PDF (PENGARUH FINANCIAL LITERACY, PENGETAHUAN INVESTASI DAN PELATIHAN PASAR MODAL TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI MELALUI MINAT INVESTASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan investasi merupakan suatu keputusan yang diambil oleh seseorang untuk menetapkan dan menanamkan modalnya pada suatu aset tertentu atau perusahaan untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Berdasarkan data observasi awal menunjukkan bahwa dari total 1695 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang yang terdaftar sebagai investor, hanya ada sekitar 621 mahasiswa yang masih aktif berinvestasi. Hal ini membuktikan bahwa keputusan investasi mahasiswa masih cukup rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi yang terdaftar sebagai investor di Galeri Investasi Universitas Negeri Semarang tahun 2018-2019 yang berjumlah 198 mahasiswa. Jumlah sampel sebanyak 132 mahasiswa yang ditentukan berdasarkan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5%. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, path analysis, dan sobel test. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa variabel keputusan investasi, financial literacy, pengetahuan investasi, pelatihan pasar modal dan minat investasi tergolong pada kategori tinggi. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa financial literacy berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan investasi, sedangkan pengetahuan investasi, pelatihan pasar modal serta minat investasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi. Financial literacy dan pengetahuan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap minat investasi, sedangkan pelatihan pasar modal berpengaruh positif tidak signifikan terhadap minat investasi. Financial literacy dan pengetahuan investasi berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan investasi melalui minat investasi, sedangkan pelatihan pasar modal berpengaruh positif tidak signifkan terhadap keputusan investasi melalui minat investasi. Kesimpulan dari penelitian ini menujukkan bahwa keputusan investasi dipengaruhi oleh financial literacy, pengetahuan investasi, pelatihan pasar modal dan minat investasi serta minat investasi yang mampu memediasi pengaruh financial literacy dan pengetahuan investasi terhadap keputusan investasi. Saran yang diberikan yaitu mahasiswa dapat memilih jenis investasi saham yang memiliki return tinggi namun juga dengan risiko yang tinggi, serta bagi mahasiswa yang baru memulai investasi bisa memilih berinvestasi pada reksadana karena lebih mudah karena dikelola oleh manajer investasi yang profesional dibidangnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Financial Literacy, Pengetahuan Investasi, Pelatihan Pasar Modal, Minat Investasi, Keputusan Investasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:12
Last Modified: 30 Aug 2021 07:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45065

Actions (login required)

View Item View Item