PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 PURWODADI GROBOGAN


Nova Safera Ningrum, 7101416010 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 PURWODADI GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 PURWODADI GROBOGAN] PDF (PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN KELUARGA DAN SELF EFFICACY TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMK NEGERI 1 PURWODADI GROBOGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Minat berwirausaha adalah keinginan atau ketertarikan seseorang untuk menciptakan sebuah usaha melalui ide-ide kreatif dan inovatif serta berani mengambil risiko dan memberikan perhatian yang lebih besar terhadap usaha yang akan dijalaninya. Kewirausahaan sangat penting bagi siswa SMK sebagai alternatif pilihan karir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan self efficacy berpengaruh terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan dengan jumlah sampel sebanyak 234 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling melalui teknik pengambilan sampel incidental sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket. Data kemudian dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga, dan self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa secara simultan, hasil analisis deskriptif dalam kategori tinggi (42,18%). Secara parsial pendidikan kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, hasil analisis deskriptif dalam kategori baik (32,83%). Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, hasil analisis deskriptif dalam kategori sangat baik (69,59%). Self efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha siswa, hasil analisis deskriptif dalam kategori tinggi (40,90%). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pendidikan kewirausahaan, lingkungan keluarga dan self efficacy berpengaruh secara simultan maupun secara parsial terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Purwodadi Grobogan. Saran untuk memaksimalkan minat berwirausaha siswa yaitu siswa diharapkan dapat aktif dalam menemukan peluang-peluang bisnis untuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan penanaman nilainilai self efficacy dalam proses pembelajaran kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Berwirausaha, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan Keluarga, Self Efficacy.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 07:07
Last Modified: 30 Aug 2021 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45063

Actions (login required)

View Item View Item