PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Emiten Subsektor Perdagangan Besar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)


Debby Andria Silviani, 7311416178 (2020) PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Emiten Subsektor Perdagangan Besar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Emiten Subsektor Perdagangan Besar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)] PDF (PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN NILAI PASAR PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Emiten Subsektor Perdagangan Besar yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2009-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong perusahaan untuk mengalihkan sistem bisnis yang berbasis tenaga kerja menjadi sistem bisnis yang berbasis pengetahuan, sehingga perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang berkelanjutan. Intellectual Capital menjadi salah satu komponen penting dalam pengukuran pengetahuan karyawan dalam perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh Intellectual Capital terhadap kinerja keuangan dan nilai pasar perusahaan. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh perusahaan subsektor perdagangan besar yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia pada kurun waktu penelitian 2009-2018. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 13 perusahaan. Alat pengujian yang digunakan yaitu Partial Least Square (PLS) versi 2.0. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Intellectual Capital terhadap kinerja keuangan perusahaan dan Intellectual Capital juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai pasar perusahaan. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu dapat dinyatakan bahwa penggunaan Intellectual Capital pada perusahaan mampu meningkatkan kinerja keuangan dan nilai pasar perusahaan. Saran dalam penelitian ini bagi perusahaan untuk mempertimbangkan penggunaan Intellectual Capital untuk meningkatkan kinerja keuangan dan nilai pasar perusahaan. Bagi para investor disarankan untuk mempertimbangkan Intellectual Capital perusahaan ketika melakukan penilaian dan keputusan investasi. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk menambah indikator kinerja keuangan untuk memperoleh nilai R2 atau kekuatan model yang lebih tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital, Kinerja Keuangan, Nilai Pasar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 06:45
Last Modified: 30 Aug 2021 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45056

Actions (login required)

View Item View Item