PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)


Naomi Puspita Sari, 7211416036 (2020) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)] PDF (PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sari, Naomi Puspita. 2020. “Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan Dan Kebijakan Dividen Terhadap Manajemen Laba Dengan Kepemilikan Manajerial Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan BUMN Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Muhammad Khafid, S.Pd Kata Kunci: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Manajerial, Manajemen Laba. Manajemen laba merupakan kegiatan yang dilakukan manajer dalam mengelola laba yang dilaporkan di laporan keuangan yang dapat mengarah kepada kecurangan untuk memaksimalkan utilitasnya sehingga informasi yang tersaji dalam laporan keuangan menjadi tidak andal dan relevan. Adanya laporan keuangan dimaksudkan untuk membantu mengkomunikasikan kondisi perusahaan kepada investor, pemegang saham dan publik. Pengguna laporan keuangan harus diyakinkan tentang keandalan informasi yang disediakan dalam laporan keuangan untuk membuat keputusan ekonomi yang akurat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, kebijakan dividen terhadap manajemen laba serta peran kepemilikan manajerial dalam memoderasi hubungan pengaruh tersebut. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh perusahaan BUMN yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2016 sampai 2018 berjumlah 20 perusahaan. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan menghasilkan 13 perusahaan yang terpilih sebagai sampel dengan total 39 unit analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan dan menggunakan teknik dokumenter untuk mengumpulkan data penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi dengan uji selisih nilai mutlak, serta pengujian hipotesisnya menggunakan aplikasi IBM SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan profitabilitas, ukuran perusahaan dan kebijakan dividen tidak berpengaruh secara signifikan terhadap manajemen laba. Kepemilikan manajerial dapat digunakan untuk memoderasi pengaruh leverage terhadap manajemen laba, namun tidak mampu memoderasi pengaruh antara profitabilitas, ukuran perusahaan dan kebijakan dividen terhadap manajemen laba. Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan dapat menggunakan proksi selain total aset untuk mengukur ukuran perusahaan karena aset yang dimiliki perusahaan BUMN rata-rata hanya menghasilkan laba sebesar 5%. Selain itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat membandingkan apakah terjadi perbedaan nilai manajemen laba pada laporan keuangan asli yang dilaporkan dengan laporan keuangan yang disajikan kembali.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kebijakan Dividen, Kepemilikan Manajerial, Manajemen Laba.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 05:56
Last Modified: 30 Aug 2021 05:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45047

Actions (login required)

View Item View Item