PENGELOLAAN ARSIP VITAL (Studi Kasus di Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah)


Aulia Reka Oktaviana, 7101416253 (2020) PENGELOLAAN ARSIP VITAL (Studi Kasus di Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN ARSIP VITAL (Studi Kasus di Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah)] PDF (PENGELOLAAN ARSIP VITAL (Studi Kasus di Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Arsip vital adalah arsip yang penting bagi badan korporasi, sehingga membutuhkan pengelolaan yang khusus. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah menjadi lokasi penelitian karena Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah sering mendapatkan penghargaan sebagai pengelolaan arsip yang baik (Andreas, 2019). Arsip vital yang di kelola hanya sekitar 10% dari semua arsip yang dihasilkan di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Selain itu berdasarkan observasi awal pengelolaan arsip vital memiliki keunikan yaitu arsip vital disimpan dalam map khusus yang disebut dengan laptomap yang diletakkan di lemari arsip yang terkunci. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengelolaan arsip vital di Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 5 (lima) informan yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data di lapangan model Miles and Huberman dalam (Sugiyono, 2016:246) dengan komponen analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan arsip vital di Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah terdapat 6 (enam) tahapan meliputi kegiatan penciptaan arsip vital, penataan arsip vital, penyimpanan arsip vital, pemeliharaan arsip vital, penggunaan arsip vital, dan penyusutan arsip vital. Pengelolaan arsip vital di Subbagian Umum dan Kepegawaian masih terdapat kendala yaitu belum dilakukannya identifikasi arsip vital, pemeliharaan arsip vital belum dilakukan fumigasi, peminjaman arsip vital belum memiliki izin dari Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian, dan belum dibuatkan jadwal retensi arsip dalam penyusutan arsip vital. Simpulan dari penelitian ini adalah pengelolaan arsip vital di Subbagian Umum dan Kepegawaian Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah telah menerapkan pedoman pengelolaan arsip vital di Lingkungan Pemerintah Jawa Tengah namun dalam praktiknya belum optimal. Saran yang diberikan adalah Subbagian Umum dan Kepegawaian seharusnya melakukan identifikasi arsip vital, melakukan fumigasi untuk mengatasi pemeliharaan arsip vital, membuat kartu pinjam untuk mengatasi peminjaman arsip vital, serta membuat jadwal retensi arsip vital sebagai dasar penyusutan arsip vital.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Arsip, arsip vital
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 05:29
Last Modified: 30 Aug 2021 05:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45039

Actions (login required)

View Item View Item