PENGARUH FLEKSIBILITAS KEUANGAN, STRUKTUR ASET, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate dan Building Construction yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018)


Sari Fitri Fatimah, 7311416084 (2020) PENGARUH FLEKSIBILITAS KEUANGAN, STRUKTUR ASET, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate dan Building Construction yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH FLEKSIBILITAS KEUANGAN, STRUKTUR ASET, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate dan Building Construction yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018] PDF (PENGARUH FLEKSIBILITAS KEUANGAN, STRUKTUR ASET, UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS DAN RISIKO BISNIS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Pada Perusahaan Sektor Property, Real Estate dan Building Construction yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Keputusan dalam penentuan struktur modal merupakan hal mendasar yang dilakukan oleh perusahaan dalam menemukan kombinasi sumber dana yang tepat bagi perusahaan. Stuktur modal menjadi bagian penting pihak manajemen karena menujukkan kondisi keuangan perusahaaan, baik buruknya struktur modal perusahaan akan mempunyai dampak secara langsung terhadap posisi finansial perusahaan. Penelitian ini dimaksudkan untuk membuktikan pengaruh variabel fleksibilitas keuangan, struktur aset, ukuran perusahaan, profitabilitas dan risiko bisnis terhadap struktur modal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan sektor property, real estate dan building construction yang terdaftar di BEI periode tahun 2009-2018. Jumlah sampel yang digunakan adalah 28 perusahaan dengan metode purposive sampling. Variabel fleksibilitas keuangan, struktur aset, ukuran perusahaan, profitabilitas dan risiko bisnis dianalisis dengan regresi berganda untuk menguji pengaruhnya terhadap struktur modal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fleksibilitas keuangan berpengaruh negatif tidak signfikan terhadap struktur modal, sedangkan profitabilitas dan risiko bisnis berpengaruh negatif signifikan terhadap struktur modal, namun struktur aset dan ukuran peruahaan berpengaruh positif signifikan terhadap struktur modal. Manajemen perusahaan diharapkan dapat memperhatikan variabel-variabel yang berpengaruh signifikan terhadap struktur modal tersebut, sebagai petimbangan perusahaan dalam memperoleh dana dan sebagai penyesuaian hutang ke arah optimalnya. Saran pada penelitian selanjutnya, sebaiknya peneliti menambah jumlah sampel data baik jumlah perusahaan maupun tahun pengamatan, penelitian dapat dilakukan juga terhadap jenis-jenis industri lain dan menggunakan variabel-variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fleksibilitas Keuangan, Struktur Aset, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Risiko Bisnis, Struktur Modal.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:40
Last Modified: 30 Aug 2021 04:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45035

Actions (login required)

View Item View Item