PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN QUESTION ANSWER CARD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
Febrian Irfan, 4001416007 (2020) PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN QUESTION ANSWER CARD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN QUESTION ANSWER CARD PADA MATERI SISTEM EKSKRESI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan pendidikan masih dijumpai dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi didapatkan proses pembelajaran 2 arah masih kurang dan siswa kurang aktif, hal ini dapat dilihat kurang nampaknya indikator tekun dalam menghadapi tugas dan ulet dalam menyelesaikan masalah. Data hasil belajar siswa kelas VIII dengan KKM 75 dari jumlah siswa sebanyak 250 siswa, 133 siswa (53%) nilainya masih dibawah KKM dan sisanya 117 (47%) sudah diatas KKM. Penggunaan model make a match diharapkan siswa dapat memiliki hasil belajar kognitif dan motivasi belajar yang lebih baik. Penggunaan media question answer card berfungsi sebagai pendukung pembelajaran agar mampu menarik minat siswa untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model make a match berbantuan question answer card pada sistem ekskresi terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Karangsambung. Metode penelitian yang digunakan nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan rpp, silabus, soal tes dan angket. Teknik sampling dengan cluster random sampling. Analisis data yang digunakan n-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa model make a match berbantuan QAC berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Analisis berpengaruh atau tidaknya model make a match berbantuan QAC pada materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar kognitif siswa menunjukan hasil yang positif dengan nilai N-Gain sebesar 0,34 dengan kriteria sedang dan hasil uji t berbeda signifikan. Penerapan model make a match berbantuan QAC berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa, dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan diberikan dan hasil uji t berbeda signifikan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model make a match berbantuan question answer card berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Make a Match, Question Answer Card, Hasil Belajar Kognitif Siswa, Motivasi Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > Special Education > Education of Natural Science |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 03:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 03:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45030 |
Actions (login required)
View Item |