POLA PENANAMAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN DARI ORANG TUA KEPADA ANAK DI KELUARGA KETURUNAN TIONGHOA (Studi Kasus Pada Pedagang Keturunan Tionghoa di sepanjang Jl. RSU – Jl. Raya Cepu)


Yutika Ade Liyani, 7101416068 (2020) POLA PENANAMAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN DARI ORANG TUA KEPADA ANAK DI KELUARGA KETURUNAN TIONGHOA (Studi Kasus Pada Pedagang Keturunan Tionghoa di sepanjang Jl. RSU – Jl. Raya Cepu). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of POLA PENANAMAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN DARI ORANG TUA KEPADA ANAK DI KELUARGA KETURUNAN TIONGHOA (Studi Kasus Pada Pedagang Keturunan Tionghoa di sepanjang Jl. RSU – Jl. Raya Cepu)] PDF (POLA PENANAMAN SIKAP KEWIRAUSAHAAN DARI ORANG TUA KEPADA ANAK DI KELUARGA KETURUNAN TIONGHOA (Studi Kasus Pada Pedagang Keturunan Tionghoa di sepanjang Jl. RSU – Jl. Raya Cepu)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penanaman sikap kewirausahaan di keluarga keturunan Tionghoa memiliki karakteristik yang berbeda dengan pribumi. Keturunan Tionghoa sudah sejak dahulu terbiasa dengan perdagangan dan bisnis sehingga mudah dalam menanamkan sikap kewirausahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis peranan orang tua, metode, materi dan sarana prasarana dalam penanaman sikap kewirausahaan pada pedagang keturunan Tionghoa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sifat penelitian yang digunakan yaitu menggunakan studi kasus. Sumber data primer yaitu pedagang keturunan Tionghoa, sedangkan sumber data sekunder yaitu berupa data kepemilikan Surat Izin Usaha Perdaganga (SIUP), data jumlah modal usaha dan foto-foto. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan/keajegan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi dan uraian rinci. Teknik analisis menggunakan data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal yang dilakukan oleh orang tua keturunan Tionghoa dalam penanaman sikap kewirausahaan yaitu (1) Orang tua berperan sebagai seorang model, pengajar, pemimpin dan pembimbing untuk anaknya, (2) Metode yang dilakukan oleh orang tua yaitu metode internal, metode pembiasaan, metode nasehat, metode cerita dan metode penghargaan serta hukuman, (3) Materi utama yang disampaikan sebagian besar berkaitan dengan keuangan, (4) Orang tua memanfaatkan seluruh isi toko sebagai sarana prasarana utama dalam penanaman sikap kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, disarankan : (1) Mengoptimalkan penanaman sikap kewirausahaan dengan cara mengevaluasi peranan seperti apa yang paling efisien untuk ditanamkan pada anak, (2) Mempertimbangkan metode dan materi apa yang lebih mendukung dalam upaya penanaman sikap kewirausahaan kepada anak, (3) Untuk lebih mendukung proses penanaman sikap kewirausahaan, sebaiknya keturunan Tionghoa lebih memanfaatkan beberapa sarana prasarana lagi, seperti wifi atau internet, media masa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Sikap Kewirausahaan, Orang Tua, Anak, Keturunan Tionghoa
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 04:08
Last Modified: 30 Aug 2021 04:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45026

Actions (login required)

View Item View Item