PENGARUH CAPITAL STRUCTURE DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan 2014-2018)


Dian Sofiani, 7311416056 (2020) PENGARUH CAPITAL STRUCTURE DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan 2014-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH CAPITAL STRUCTURE DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan 2014-2018)] PDF (PENGARUH CAPITAL STRUCTURE DAN FIRM SIZE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan 2014-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan memiliki tujuan jangka panjang dalam mengoptimalkan nilai perusahaan. Semakin tinggi nilai perusahaan berarti pasar dan investor percaya akan prospek perusahaan tersebut. Nilai perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat meningkatkan dan menurunkan nilai perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh capital structure dan firm size terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel intervening. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi dalam berbagai pengambilan keputusan bagi perusahaan dan investor serta menjadi referensi untuk untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Data-data tersebut diperoleh dengan teknik dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI 2014-2018. Sampel diambil secara purposive sampling dengan sampel sebanyak 190 observasi. Berdasarkan hasil uji statistik, menunjukkan bahwa capital structure dan firm size tidak berpengaruh terhadap profitabilitas. Capital structure dan profitabilitas berpengaruh positif signifikan dengan nilai perusahaan. Firm size memiliki pengaruh negatif signifikan dengan nilai perusahaan. Profitabilitas tidak mampu memediasi pengaruh capital structure dan firm size terhadap nilai perusahaan. Saran dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya diharapkan tidak hanya mempertimbangkan dari pandangan faktor internal tetapi juga disarankan untuk menggunakan variabel lain yaitu faktor eksternal yang mungkin mempengaruhi nilai perusahaan seperti inflasi, suku bunga atau pajak. Sedangkan bagi manajemen perusahaan dan investor diharapkan untuk mempertimbangkan dan mempertahankan rasio profitabilitas (ROA) agar selalu tinggi karena hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ROA memiliki pengaruh terbesar pada nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Capital Structure, Firm Size, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HX Socialism. Communism. Anarchism
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:45
Last Modified: 30 Aug 2021 03:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45024

Actions (login required)

View Item View Item