ANALISIS DETERMINAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN AKUNTABILITAS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA


Diyah Ayu Mahmudah, 7211415087 (2020) ANALISIS DETERMINAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN AKUNTABILITAS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS DETERMINAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN AKUNTABILITAS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA] PDF (ANALISIS DETERMINAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN AKUNTABILITAS PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Financial, social and sharia disclosure accountability merupakan tiga pilar komprehensif pengungkapan akuntabilitas yang perlu diungkapkan dalam laporan keuangan bank syariah. Pelaporan sosial syariah menggunakan ideks ISR maupun CSR belum sepenuhnya dapat mengungkap informasi tanggung jawab sosial secara menyeluruh termasuk didalamnya tema keuangan dan syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, investment account holder, size, dewan pengawas syariah, dewan komisaris terhadap pengungkapan akuntabilitas. Populasi pada penelitian ini adalah bank syariah di Indonesia tahun 2011 sampai dengan 2018 sebanyak 14 bank syariah. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purposve sampling. Sampel penelitian berjumlah 8 bank syariah dengan 64 unit analisis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh bersumber dari website masing-masing bank syariah. Analisis data pada penelitian ini diawali dengan analisis statistik deskriptif kemudian dilakukan analisis regresi data panel menggunakan Eviews 9. Hasil analisi pada penelitian ini menunjukkan bahwa size berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan akuntabilitas. Profitabilitas, leverage, investment account holder, dewan pengawas syariah, dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap pengungkapan akuntabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, variabel size yang berpengaruh terhadap pengungkapan akuntabilitas maka peneliti menyarankan untuk penelitian selanjutnya bisa menambahkan objek penelitian serta variabel lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disclosure Accountability, Profitabilitas, Leverage, Investment Account Holder, Size, Dewan Pengawas Syariah, Dewan Komisaris.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:35
Last Modified: 30 Aug 2021 03:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45021

Actions (login required)

View Item View Item