PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA


Fannie Yuliasih, 4201416078 (2020) PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA] PDF (PENYUSUNAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pemberlakuan Kurikulum 2013 dalam sistem pembelajaran di sekolah yang salah satunya mengintegrasikan keterampilan abad ke 21 dalam pembelajaran berdampak pada perubahan paradigma penilaian pembelajaran. Kemampuan literasi sains penting untuk menghadapi tantangan perkembangan abad 21. Untuk mengukur kemampuan literasi sains salah satunya dengan menyusun instrumen penilaian berorientasi literasi sains. Pada ranah keterampilan abad ke 21, siswa perlu dinilai sejauh mana pengetahuan dan kemampuan mereka untuk menggunakan kemampuan literasi sains. Materi fluida statis merupakan salah satu materi yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sub materi pada fluida statis yang dapat dikembangkan menjadi instrumen dan termasuk kedalam kategori-kategori literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan angka kualitas instrumen penilaian berbasis keterampilan abad ke 21 bagi siswa SMA pada materi fluida statis yang disusun; mendeskripsikan kemampuan literasi sains sebagai salah satu aspek keterampilan abad ke 21 siswa; dan memperoleh pola penguasaan konsep fluida statis. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D (Research & Development) yang mengacu desain penelitian Sugiyono. Subjek penelitian ini dilakukan pada kelas XI SMA dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa dan teknik pengambilan data menggunakan teknik Purposive Sampling. Analisis data berupa uji validitas instrumen oleh ahli, uji kualitas instrumen berupa validitas, reabilitas, taraf kesukaran dan daya beda butir soal, analisis literasi sains dan analisis angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan angka validitas instrumen pada persentase 87% dengan kriteria valid. Reliabilitas sangat tinggi dengan nilai 0,81. Proporsi taraf kesukaran soal yang diperoleh belum ideal yaitu sebesar 15,4% soal berkategori sukar, 69,2% soal berkategori sedang/cukup dan 15,4% soal berkategori mudah. Daya beda soal ada pada 53,8% soal berdaya beda sangat baik, 23% soal berdaya beda baik, 15,4% soal berdaya beda cukup dan 7,8% soal berdaya beda jelek. Profil kemampuan literasi sains siswa SMA pada materi fluida statis berdasarkan skor masih memiliki kemampuan literasi sains yang kurang sekali yaitu 58,6%. Pola penguasaan konsep fluida statis siswa SMA berdasarkan kemampuan literasi sainsnya dimulai dari yang paling mudah ke yang lebih sulit adalah soal pada Kategori 2 sebagai cara untuk menyelidiki (way of investigating), Kategori 4 sebagai interaksi sains, teknologi dengan masyarakat (interaction of science, technology, and society), Kategori 1 sebagai batang tubuh pengetahuan (a body of knowledge) dan Kategori 3 sebagai cara berpikir (way of thinking).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, keterampilan abad ke 21, dan literasi sains.
Subjects: L Education > Special Education > Physical Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:21
Last Modified: 30 Aug 2021 03:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45019

Actions (login required)

View Item View Item