PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN e-LKPD MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


Fatin Atikah Nata Sya‟idah, 4301416075 (2020) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN e-LKPD MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN e-LKPD MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK] PDF (PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN e-LKPD MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia teknologi informasi semakin melaju dengan pesat, ditandai dengan bertambahnya pengguna komputer dan jaringan internet. Disamping itu, kurikulum 2013 juga menekankan pembelajaran bukan lagi menerapkan teacher center, tetapi guru sebagai fasilitator dan siswa lebih berperan aktif. Sejalan dengan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh penerapan model blended learning berbantuan e-LKPD terhadap hasil belajar peserta didik pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 2 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain posttest only control group. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 2 Semarang yang dilakukan pada bulan Februari-Maret 2020. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling dengan hasil diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, soal, lembar observasi sikap, lembar observasi keterampilan, dan angket tanggapan pembelajaran. Nilai hasil belajar aspek pengetahuan dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata, sedangkan aspek keterampilan dan sikap dianalisis menggunakan analisis kriteria penilaian lembar observasi. Hasil analisis menunjukkan rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan kriteria thitung ≥ ttabel sebesar 4,220 ≥ 1,669. Hasil belajar aspek keterampilan menunjukkan bahwa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase peserta didik yang mencapai kriteria sangat baik pada kegiatan diskusi mencapai 88,89% peserta didik kelas eksperimen dan 80,56% peserta didik pada kelas kontrol. Sedangkan pada kegiatan praktikum, 100% peserta didik kelas eksperimen maupun kelas kontrol mencapai kriteria sangat baik. Analisis hasil belajar peserta didik dari segi sikap menunjukkan hasil 94,44% peserta didik kelas eksperimen mencapai kriteria sangat baik dan 91,67% peserta didik kelas kontrol mencapai kriteria sangat baik, yang berarti bahwa sikap peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada sikap kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model blended learning berbantuan e-LKPD berpengaruh terhadap hasil belajar aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik karena pembelajaran ini dapat memberikan wadah bagi peserta didik untuk berdiskusi secara langsung dan kapan saja melalui kelas online serta menjadikan peserta didik bertanggungjawab karena pembelajaran online menjadikan tugas yang diberikan kepada peserta didik lebih terstruktur.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Blended learning, e-LKPD, hasil belajar, hidrolisis garam
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:46
Last Modified: 30 Aug 2021 03:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45016

Actions (login required)

View Item View Item