ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) PRODUK SARUNG TENUN GOYOR KABUPATEN PEMALANG


Puput Andriyani, 7111413027 (2020) ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) PRODUK SARUNG TENUN GOYOR KABUPATEN PEMALANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) PRODUK SARUNG TENUN GOYOR KABUPATEN PEMALANG] PDF (ANALISIS KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) PRODUK SARUNG TENUN GOYOR KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Andriyani, Puput. 2020. “Analisis Kesediaan Membayar (Willingness To Pay) Produk Sarung Tenun Goyor Kabupaten Pemalang”. Sarjana Jurusan Ekonomi Pembangunan. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Fafurida, S.E., M.Sc. Kata kunci: Sarung Tenun, Perilaku Konsumen, Willingness to Pay Sarung tenun goyor adalah salah satu kerajinan tenun berupa sarung yang dibuat dengan menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM). Selain menjadi salah satu potensi kerajinan asli daerah, sarung tenun goyor ini merupakan produk unggulan yang ada di Kabupaten Pemalang. Perkembangan kerajinan sarung tenun goyor ini termasuk sangat pesat, namun pemasaran yang dilakukan lebih banyak pada ekspor dikarenakan melihat harga sarung tenun goyor tersebut yang dibandrol lebih tinggi dari produk sejenis. Produsen atau pengusaha perlu memahami perilaku konsumen terhadap produk atau merek di pasar, selanjutnya mengkaji harga yang tepat untuk di tetapkan agar konsumen tertarik terhadap produk yang dihasilkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen produk sarung tenun goyor, mengukur maksimum harga yang bersedia konsumen bayarkan untuk produk sarung tenun goyor, menganalisis faktor yang mempengaruhi Willingness to Pay (WTP) konsumen produk sarung tenun goyor. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dengan responden sebanyak 50 orang dimana responden adalah konsumen dari Toko Batik Daffa yang menjadi obyek penelitian. Sumber data diperoleh dari penyebaran kuesioner (angket). Analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif dalam menentukan karakteristik responden, Willingness to pay (WTP) diteliti dengan menggunakan pendekatan Contingent Value Method (CVM), dan faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar diteliti dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan kriteria pengujian menggunakan uji t, uji f, dan ujikoefisien determinan. Berdasarkan hasil analisis, kesimpulan dalam penelitian ini yaitu Perbedaan karateristik dari konsumen menjadikan nilai Willingness to Pay yang didapatkan setiap responden sangat bervariatif terhadap pembelian sarung tenun goyor di Toko Batik Daffa Pemalang. Harga yang bersedia konsumen bayarkan untuk manfaat tambahan yang diberikan oleh sarung tenun goyor adalah Rp 269.400,00, dan faktor-faktor yang mempengaruhi Willingness to Pay sarung tenun goyor adalah variable kualitas produk dan gaya hidup. Saran dari penulis yaitu untuk peneliti selanjutnya bisa menambahkan karakteristik konsumen yang tidak diteliti pada penelitian ini, menjadikan penelitian ini sebagai refrensi dalam menentukan kebijakan mengenai penetapan harga pada produk sarung tenun goyor, bagi peneliti selanjutnya, peneliti bisa menambahkan faktor-faktor lain yang memiliki pengaruh terhadap kesediaan membayar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sarung Tenun, Perilaku Konsumen, Willingness to Pay
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:16
Last Modified: 30 Aug 2021 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45014

Actions (login required)

View Item View Item