STRATEGI INDUSTRI KAIN TENUN IKAT TROSO DALAM MEMBIDIK PASAR GENERASI MILENIAL (STUDI KASUS TENUN IKAT TROSO “NILA JUWITA” JEPARA)


Faila Krisma Prasetya, 7101416039 (2020) STRATEGI INDUSTRI KAIN TENUN IKAT TROSO DALAM MEMBIDIK PASAR GENERASI MILENIAL (STUDI KASUS TENUN IKAT TROSO “NILA JUWITA” JEPARA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI INDUSTRI KAIN TENUN IKAT TROSO DALAM MEMBIDIK PASAR GENERASI MILENIAL (STUDI KASUS TENUN IKAT TROSO “NILA JUWITA” JEPARA)] PDF (STRATEGI INDUSTRI KAIN TENUN IKAT TROSO DALAM MEMBIDIK PASAR GENERASI MILENIAL (STUDI KASUS TENUN IKAT TROSO “NILA JUWITA” JEPARA)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi industri tenun troso, serta strategi yang tepat untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi pengusaha industri tenun ikat troso dalam membidik pasar generasi milenial. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu (mix method) model concurrent embedded strategy, yaitu mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kuantitatif dan kualitatif secara simultan/bersama-sama (atau sebaliknya) dengan bobot metode yang berbeda. Data primer berupa hasil wawancara dengan pemilik “Nila Juwita”, sedangkan data sekunder berupa laporan/dokumen dan foto-foto yang didapatkan langsung dari pemilik usaha. Data ini digunakan untuk memperkuat penemuan dan melengkapi informasi yang telah dikumpulan melalui wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan model SWOT. Hasil penelitian analisis SWOT, faktor internal (IFAS) berupa kekuatan memiliki total skor 2,1, sedangkan total skor kelemahan yaitu 0,78. faktor eksternal (EFAS) berupa peluang memiliki total skor 1,59, sedangkan total skor ancaman yaitu 1,49. Strategi yang tepat pada industri tenun ikat troso “Nila Juwita” dalam membidik pasar generasi milenial, yaitu strategi agresif atau strategi yang mendukung kebijakan pertumbuhan agresif (Growth Oriented Strategy). Strategi tersebut merupakan hasil perhitungan faktor IFAS dan IFAS. Melalui perhitungan SWOT, sumbu X memiliki nilai 0,56 dan sumbu Y dengan nilai 0,55. Hasil menempatkan posisi perusahaan pada kuadran 1 yaitu strategi agresif. Sesuai dengan matriks SWOT, melalui hasil wawancara, implementasi diwujudkan dalam strategi S-O yaitu membuat perubahan/memperkenalkan produk baru secara cepat, yaitu dengan cara membuat produk kain dengan motif yang sedang menjadi trend. Mempertahankan kualitas produk yang baik dan konsisten, meningkatkan sarana dan prasarana pendukung dan memperhatikan kecepatan pelayanan. Saran yang diberikan unrtuk penelitian ini adalah pemilik usaha industri tenun hendaknya lebih memperhatikan dan mendayagunakan faktor internal yang telah dimiliki. Sedangkan terhadap faktor eksternal, hendaknya dapat menggunakan strategi yang lebih tepat untuk menjaga keseimbangan industri. Pemilik usaha harus selalu melakukan inovasi industri, ikut andil dalam melestarikan, dan turut menghidupkan kembali paguyuban tenun troso. Perlu adanya kerjasama dan dukungan dari berbagai pihak untuk mengembangkan dan memajukan industri tenun troso.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Industri, Tenun Ikat Troso, Generasi Milenial, SWOT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:07
Last Modified: 30 Aug 2021 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45011

Actions (login required)

View Item View Item