KONVERSI SEKAM PADI MENJADI BIOETANOL DENGAN METODE SEPARATE HYDROLYSIS AND FERMENTATION MELALUI PRA-PERLAKUAN Trichoderma sp.


Ekvan Candra Aji Saputra, 4311416069 (2020) KONVERSI SEKAM PADI MENJADI BIOETANOL DENGAN METODE SEPARATE HYDROLYSIS AND FERMENTATION MELALUI PRA-PERLAKUAN Trichoderma sp. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONVERSI SEKAM PADI MENJADI BIOETANOL DENGAN METODE SEPARATE HYDROLYSIS AND FERMENTATION MELALUI PRA-PERLAKUAN Trichoderma sp.] PDF (KONVERSI SEKAM PADI MENJADI BIOETANOL DENGAN METODE SEPARATE HYDROLYSIS AND FERMENTATION MELALUI PRA-PERLAKUAN Trichoderma sp.) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sekam padi merupakan salah satu limbah biomassa yang melimpah di Indonesia. Biomassa sendiri dapat dimanfaatkan menjadi bioetanol karena kandungan lignoselulosa didalamnya. Dalam penelitian ini digunakan metode Separate hydrolysis and fermentation (SHF), yaitu proses hidrolisis dan produksi etanol dilakukan secara terpisah. Pemanfaatan limbah biomassa memerlukan pra-perlakuan khusus, untuk itu digunakan Trichoderma dalam pra-perlakuan agar sekam padi mudah dihidrolisis. Rasio massa sekam padi : Trichoderma divariasikan dari 1:10. 2:10, dan 3:10. Kandungan komponen lignoselulosa dianalisis menggunakan metode Chesson. Proses fermentasi kemudian dilakukan selama 3 hari dengan bantuan Saccharomyces cerevisiae. Berdasarkan morfologinya, sekam padi mengalami perubahan, yaitu ditandai dengan adanya retakan dan juga lubang pada sela-sela permukaan sekam padi setelah pra-perlakuan. Selain itu, perubahan juga teramati dari gugus fungsi pada sekam padi diantaranya bertambahnya transmitansi pada bilangan gelombang 1413,75 cm-1 yang mengindikasikan adanya ikatan β-(1→4)-glikosidik dari selulosa murni. Sekam padi yang difermentasi dengan Saccharomyces cerevisiae sebelum dan sesudah pra-perlakuan menunjukkan kadar bioetanol yang cukup baik yakni masing-masing 16,295 % dan 30,134 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sekam padi, Pra-perlakuan, Trichoderma, Fermentasi, Bioetanol.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:03
Last Modified: 30 Aug 2021 03:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45010

Actions (login required)

View Item View Item