PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS LABA DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 )


Lulu Windy Kinasih, 7211416157 (2020) PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS LABA DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS LABA DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 )] PDF (PENGARUH MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE, KUALITAS LABA DAN KUALITAS AUDIT TERHADAP INTEGRITAS LAPORAN KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 )) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kinasih, Lulu Windy. 2020. “Pengaruh Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba dan Kualitas Audit Terhadap Integritas Laporan Keuangan”. Skripsi. Sarjana Ekonomi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing Badingatus Solikhah, S.E., M.Si., CA, CMA, CPA. Kata Kunci : Integritas Laporan Keuangan, Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba, Kualitas Audit, Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Reputasi Perusahaan, Manajemen Laba, Persistensi Laba, Fee Auditor, Rotasi Auditor, Ukuran KAP. Laporan keuangan adalah informasi terstruktur dari posisi keuangan dan bentuk kinerja suatu entitas (Mayangsari, 2003). Laporan keuangan suatu entittas mempunyai tujuan untuk menyediakan informasi – informasi meliputi posisi keuangan, kinerja entitas dan perubahan posisi keuangan suatu entitas pada periode tertentu. Berdasarkan PSAK No. 1 tahun 2019, laporan keuangan adalah suatu penyajian terstruktur dari posisi keuagan dan kinerja keuangan suatu entitas. Informasi yang ada pada laporan keuangan diperlukan para pengguna laporan keuangan untuk membuat keputusan ekonomik. Sehingga integritas laporan keuangan adalah laporan keuangan yang menampilkan kondisi suatu perusahaan yang sebenarnya, tanpa ada yang ditutup – tutupi atau disembunyikan (Astria, 2011). Populasi dalam penelitian adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI periode 2014-2018. Penelitian menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan sampel dan diperoleh 200 unit analisis yang digunakan sebagai objek pengamatan. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan metode analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Hasil penelitian memberikan bukti empiris bahwa mekanisme corporate governance, kualitas laba dan kualitas audit berpengaruh positif dan signifikan terhadap integritas laporan keuangan. Sehingga dari penelitian ini adalah mekanisme corporate governance, kualitas laba, dan kualitas audit mampu meningkatkan integritas laporan keuangan perusahaan. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah 1)diharapkan dapat menambah populasi perusahaan, tidak hanya perusahaan pertambangan saja tetapi juga jenis industri lainnya yang terdaftar di BEI, 2) diharapkan penelitian selanjutnya dapat menggunakan perhitungan lainnya untuk menentukan integritas laporan keuangan yang lebih dapat mewakili variabel integritas laporan keuangan, 3) nilai R- square menunjukan hasil sebesar 0,655 yang berarti mekanisme corporate governance, kualitas laba, dan kualitas audit dapat menjelaskan integritas laporan keuangan sebesar 65,5% dan sisanya 34,5% dijelaskn oleh faktor lain. Nilai R- square ini termasuk dalam kategori moderate. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti variabel lainnya yang dapat mempengaruhi integritas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Integritas Laporan Keuangan, Mekanisme Corporate Governance, Kualitas Laba, Kualitas Audit, Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Institusional, Reputasi Perusahaan, Manajemen Laba, Persistensi Laba, Fee Auditor, Rotasi Auditor, Ukuran KAP.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:07
Last Modified: 30 Aug 2021 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44997

Actions (login required)

View Item View Item