EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER KERJA SAMA PADA MATERI SISTEM SARAF


Bagas Pramasta, 4401414057 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER KERJA SAMA PADA MATERI SISTEM SARAF. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER KERJA SAMA PADA MATERI SISTEM SARAF] PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DAN TEAM QUIZ TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER KERJA SAMA PADA MATERI SISTEM SARAF) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran efektif merupakan suatu pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan, dan dapat mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan yang diharapkan. Hasil observasi dalam pembelajaran Biologi Kelas XI di SMAN 16 Semarang menunjukkan guru masih menjadi pusat pembelajaran, siswa kurang aktif dan sikap kerja sama siswa kurang. Ketuntasan siswa pada materi sistem saraf TA 2018/2019 <60%, sehingga diperlukan alternatif model pembelajaran yang berpusat pada siswa untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter kerja sama siswa. Penelitian bertujuan untuk mengungkap efektivitas model pembelajaran Group Investigation dan Team Quiz terhadap hasil belajar dan karakter kerja sama pada materi sistem saraf. Penelitian menggunakan Pre-Experimental Design dengan One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa Kelas XI IPA SMAN 16 Semarang. Penelitian menggunakan teknik Sampling Jenuh. Data penelitian berupa hasil belajar kognitif, afektif, psikomotorik, nilai karakter kerja sama, aktivitas, tanggapan siswa dan guru. Hasil belajar kognitif didapatkan dari perhitungan ketuntasan klasikal. Hasil belajar afektif, psikomotorik, nilai karakter kerja sama, aktivitas siswa, tanggapan siswa, dan guru dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan klasikal siswa sebesar 85,71%. Hasil uji N-gain 100% siswa berada pada kriteria sedang dan tinggi. Nilai karakter kerja sama siswa yang berkriteria baik dan sangat baik adalah 96,2%. Hasil belajar afektif berkriteria sangat baik mencapai 87%. Hasil belajar psikomotorik berkriteria sangat terampil mencapai 82,88%. Aktivitas siswa 100% berkriteria sangat baik. Siswa dan guru memberikan tanggapan positif terhadap penerapan kedua model yang diterapkan dalam penelitian. Simpulan penelitian yaitu penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Team Quiz efektif terhadap hasil belajar dan karakter kerja sama siswa pada materi sistem saraf di SMAN 16 Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran Group Investigation, model pembelajaran Team Quiz, sistem saraf.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:42
Last Modified: 30 Aug 2021 02:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44996

Actions (login required)

View Item View Item