PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA LINGKUNGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)


Niken Asyifaekasiwi, 7211413156 (2019) PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA LINGKUNGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA LINGKUNGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)] PDF (PENGARUH KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN MELALUI KINERJA LINGKUNGAN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Asyifaekasiwi, Niken. 2019. “Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Melalui Kinerja Lingkungan”. Skripsi. Jurusan Akuntansi S1. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing. Indah Fajarini Sri Wahyuningrum, S. E., M. Si., Ak, CSRS, Ph. D. Kata kunci : Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Kinerja Lingkungan Nilai perusahaan merupakan pencapaian perusahaan yang dapat digambarkan sebagai kepercayaan masyarakat kepada perusahaan sebagai apresiasi proses kegiatan selama beberapa tahun, yaitu sejak perusahaan berdiri sampai saat ini.Proses memaksimalkan nilai perusahaan sering kali menimbulkan konflik kepentingan antara pengelola (agen) dan pemegang saham (prinsipal). Konflik ini terjadi karena pihak agen lebih mementingkan kepentingan pribadinya daripada kepentingan perusahaan, konflik ini dipengaruhi oleh struktur kepemilikan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris pengaruh kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan malalui kinerja lingkungan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2016 sebanyak 727 perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri dari 163 perusahaan manufaktur dengan karakteristik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari annual reports. Metode analisis hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik dan analisis jalur (path analysis) dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan dan kinerja lingkungan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kinerja lingkungan, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kinerja lingkungan. Namun kinerja lingkungan tidak dapat memediasi pengaruh kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Kinerja Lingkungan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:39
Last Modified: 30 Aug 2021 02:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44986

Actions (login required)

View Item View Item