ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN ABAD 21 (21st CENTURY SKILLS) PADA GURU KEJURUAN DI SMK NEGERI 1 BREBES


Anita Paradila, 7101416024 (2020) ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN ABAD 21 (21st CENTURY SKILLS) PADA GURU KEJURUAN DI SMK NEGERI 1 BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN ABAD 21 (21st CENTURY SKILLS) PADA GURU KEJURUAN DI SMK NEGERI 1 BREBES] PDF (ANALISIS TINGKAT KETERAMPILAN ABAD 21 (21st CENTURY SKILLS) PADA GURU KEJURUAN DI SMK NEGERI 1 BREBES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Abad ke-21 berkembang secara pesat pada semua bidang salah satunya yaitu bidang pendidikan. Pada abad 21 ini, terdapat keterampilan khusus yang harus dikuasai oleh guru terutama pada guru kejuruan yaitu keterampilan abad 21 (21st Century Skills). Keterampilan abad 21 (21st Century Skills) merupakan suatu keterampilan yang harus dikuasai oleh guru kejuruan di era abad 21. Keterampilan tersebut mencakup dua komponen yaitu keterampilan belajar dan inovasi yang terdiri dari (berpikir kreatif dan inovasi, berpikir kritis dan pemecahan masalah, komunikasi dan kolaborasi) dan keterampilan literasi informasi, media dan teknologi. Dengan demikian, guru kejuruan SMK harus menguasai keterampilan tersebut untuk menghasilkan lulusan yang terampil dan kompeten dalam menghadapi persaingan/kompetisi di era abad 21. Dari hasil observasi awal masih terdapat kekurangan yang dimiliki guru kejuruan SMK Negeri 1 Brebes didalam dua keterampilan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa persen tingkatan keterampilan abad 21 (21st Century Skills) pada guru kejuruan di SMK Negeri 1 Brebes. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru kejuruan SMK Negeri 1 Brebes dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan sampel jenuh, sehingga pengambilan sampel dari semua anggota populasi sejumlah 30 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah angka indeks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan abad 21 pada guru kejuruan SMK Negeri 1 Brebes memperoleh nilai indeks sebesar 85,245% dalam kategori tinggi. Nilai indeks dari masing-masing komponen yaitu sebesar 85,38% pada keterampilan literasi informasi, media dan teknologi, dan sebesar 85,11% pada keterampilan belajar dan berinovasi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa secara keseluruhan tingkat keterampilan abad 21 (21st Century Skills) pada guru kejuruan SMK Negeri 1 Brebes dalam kategori tinggi, walaupun masih terdapat komponen keterampilan dibawah nilai indeks rata-rata. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian yaitu: guru kejuruan hendaknya meningkatkan keterampilan belajar dan berinovasi dengan cara mengikuti seminar, workshop/pelatihan, dan mencari informasi terkait sehingga akan menambah pengetahuan. Mengoptimalkan tingkat keterampilan abad 21 pada guru kejuruan di SMK Negeri 1 Brebes agar lebih banyak menghasilkan lulusan yang terampil dan kompeten dengan cara yaitu guru kejuruan selalu mampu beradaptasi dengan seiring perkembangan zaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Abad 21, Guru Kejuruan SMK
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: khrisna pci perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:10
Last Modified: 30 Aug 2021 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44981

Actions (login required)

View Item View Item