(ABSTRAK) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KNALPOT DI KABUPATEN PURBALINGGA


Dewi Setiyorini, 7450406013 (2011) (ABSTRAK) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KNALPOT DI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of (ABSTRAK) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KNALPOT DI KABUPATEN PURBALINGGA]
Preview
PDF ((ABSTRAK) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL KNALPOT DI KABUPATEN PURBALINGGA) - Published Version
Download (171kB) | Preview

Abstract

Strategi pengembangan usaha merupakan rencana menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya suatu industri yang diperlukan guna mengembangkan usahanya dalam rangka mencapai tujuan industri secara lebih efektif dan efisien. Strategi pengembangan usaha juga merupakan upaya mengantisipasi masalahmasalah yang mungkin timbul di masa mendatang yang sulit dipastikan dan dapat memberikan arah kegiatan operasional bagi pelaksanaan kegiatan industri. Industri kecil mempunyai peran strategis dalam memberi kontribusi terhadap PDRB. Di Kabupaten Purbalingga terdapat sektor industri kecil yang memiliki potensi besar yaitu industri knalpot. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana profil industri kecil knalpot di Kabupaten Purbalingga serta untuk mengetahui stategi pengembangan apa yang digunakan. Metodologi yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel yang diteliti adalah profil industri yang meliputi SDM (tenaga kerja), Permodalan, Tekhnologi dan Pemasaran. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa profil industri kecil knalpot di Kabupaten Purbalingga ada 147 unit usaha. Ada beberapa perioritas strategi pengembangan yang dilakuakan yaitu strategi SO dengan meningkatkan kualitas SDM dan pemanfaatan tenaga kerja di daerah sekitar untuk peningkatan usaha. Strategi WO dengan meningkatkan promosi untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan menambah variasi desain. Strategi ST memerlukan peranan pemerintah dalam hal bantuan modal agar pengusaha lebih mudah dalam mengembangkan usahanya dan menjaga ciri khas produk agar mampu bersaing. Strategi WT dengan menciptakan inovasi dalam menghadapi persaingan dan dengan meningkatkan kemampuan manajerial pemilik usaha. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan, strategi yang diterapkan lebih defensif, yaitu menghindari kehilangan penjualan dan kehilangan pfofit dengan cara memeperluas pasar, meningkatkan kualitas produksi dan fasilitas tekhnologi, strategi-strategi pengembangan yang dilakukan diharapkan dapat meningkatkan perkembangan industri kecil knalpot di Kabupaten Purbalingga. Saran yang dapat diajukan adalah pemerintah lebih sering mengikutsertakan pengusaha knalpot pada pameran sehingga produk knalpot lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas dan bagi pengusaha agar membentuk wadah kerjasama antar pengusaha knalpot dengan kesamaan visi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pengembangan dan Industri Kecil
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 Sep 2011 01:47
Last Modified: 24 Sep 2011 01:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/4498

Actions (login required)

View Item View Item