PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA


Reni Prabawati, 4401413017 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA] PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran biologi berkaitan erat dengan pendekatan saintifik. Pembelajaran POE terdapat beberapa metode saintifik yang merupakan bagian dari pembelajaran sains, yaitu membuat hipotesis (predict), melakukan eksperimen (observe), dan menganalisis (explain). Pembelajaran inkuiri dan pembelajaran model POE saling menguatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran predict observe explain terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental dengan rancangan pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen, yang ditentukan secara teknik simple random sampling. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) sedangkan pada kelas kontrol diterapkan pembelajaran dengan model ceramah dan diskusi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi data primer dan sekunder. Data primer berupa hasil belajar kognitif siswa terdiri dari nilai pretest dan nilai posttest yang diukur menggunakan instrument tes 26 item soal pilihan ganda materi sistem ekskresi siswa. Data sekunder meliputi hasil belajar afektif dan psikomotorik, tanggapan siswa dan guru, serta keterlaksanaan pembelajaran. Data observasi afektif siswa diambil saat proses pembelajaran berlangsung oleh observer. Data observasi psikomotorik siswa diambil saat proses kegiatan praktikum berlangsung oleh observer. Tanggapan siswa dan guru diambil sesudah pembelajaran melalui angket. Data observasi keterlaksankaan pembelajaran diambil selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran predict observe explain memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen meningkat setelah diberi perlakuan, dengan rerata N-Gain sebesar 0,79 sedangkan rerata N-gain kelas Kontrol sebesar 0,40. Aspek afektif dan psikomotor siswa kelas eksperimen lebih baik setelah diterapkan model POE. Respon positif diberikan siswa dan guru terhadap pelaksanaan model POE pada materi sistem ekskresi. Hasil keterlaksanaan pembelajaran model POE diperoleh 82,6% yang menunjukkan terlaksana dengan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model POE pada materi sistem ekskresi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran predict observe explain, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > Special Education
L Education > Special Education > Biology Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:57
Last Modified: 30 Aug 2021 01:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44978

Actions (login required)

View Item View Item