PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE, BRAND IMAGE, DAN BRAND LOVE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI WORD OF MOUTH (STUDI PADA KONSUMEN TAS JIMSHONEY DI SEMARANG)


Fitria Ayuningsih, 7311416166 (2020) PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE, BRAND IMAGE, DAN BRAND LOVE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI WORD OF MOUTH (STUDI PADA KONSUMEN TAS JIMSHONEY DI SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE, BRAND IMAGE, DAN BRAND LOVE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI WORD OF MOUTH (STUDI PADA KONSUMEN TAS JIMSHONEY DI SEMARANG)] PDF (PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE, BRAND IMAGE, DAN BRAND LOVE TERHADAP PURCHASE DECISION MELALUI WORD OF MOUTH (STUDI PADA KONSUMEN TAS JIMSHONEY DI SEMARANG)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Ayuningsih, Fitria. 2020. “Pengaruh Product Knowledge, Brand Image, dan Brand Love terhadap Purchase Decision melalui Word of Mouth”. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Ida Maftukhah, S.E., M.M. Kata Kunci: Product Knowledge, Brand Image, Brand Love, Word of Mouth, Purchase Decision Persaingan dalam dunia bisnis kini semakin kompetitif, perusahaan berlomba-lomba untuk menarik perhatian dan memenangkan hati konsumen. Perusahaan dituntut untuk memiliki strategi-strategi yang cukup unik dan menarik. Perusahaan juga perlu memahami bagaimana perilaku konsumen agar bisa menciptakan stategi yang tepat untuk meningkatkan keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh product knowledge, brand image dan brand love terhadap purchase decision dan membuktikan peran word of mouth sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen tas JimsHoney di Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 116 responden dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Meode analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis yaitu uji signifikansi parsial (uji t) dan analisis jalur (path analysis) dengan program IBM SPSS Statistics 25. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah product knowledge, brand image, brand love, word of mouth dan purchase decision. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa product knowledge dan brand love berpengaruh positif terhadap purchase decision. Brand image tidak berpengaruh terhadap purchase decision. Product knowledge, brand image, brand love, berpengaruh positif terhadap purchase decison melalui word of mouth dengan nilai total koefisien jalur tidak langsung > koefisien jalur langsung. Simpulan dalam penelitian ini yaitu product knowledege dan brand love berpengaruh positf dan signifikan terhadap purchase decision, sedangkan brand image tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decison. Kemudian word of mouth terbukti mampu menjadi variabel intervening antara pengaruh product knowledge, brand image, dan brand love terhadap purchase decision. Word of mouth memiliki peranan penting dalam mempengaruhi purchase decision dari konsumen. Oleh karena itu, perusahaan diharapkan bisa menjaga word of mouth yang baik diantara konsumen. Penelitian yang akan datang diharapkan untuk melakukan penelitian dengan obyek yang berbeda atau menambah variasi variabel lain yang mempengaruhi purchase decision.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Product Knowledge, Brand Image, Brand Love, Word of Mouth, Purchase Decision
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:55
Last Modified: 30 Aug 2021 01:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44975

Actions (login required)

View Item View Item