ANALISIS KONSUMSI MASYARAKAT DI INDONESIA TAHUN 2010 - 2018


Morinta Herdanti Resagi, 7111416107 (2020) ANALISIS KONSUMSI MASYARAKAT DI INDONESIA TAHUN 2010 - 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KONSUMSI MASYARAKAT DI INDONESIA TAHUN 2010 - 2018] PDF (ANALISIS KONSUMSI MASYARAKAT DI INDONESIA TAHUN 2010 - 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tindakan konsumsi dilakukan setiap hari oleh siapapun, tujuannya adalah untuk memperoleh kepuasan setinggi-tingginya dan mencapai tingkat kemakmuran dengan terpenuhinya berbagai macam kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan nasional, suku bunga, jumlah penduduk, tingkat inflasi dan pengeluaran pemerintahan terhadap konsumsi masyarakat di Indonesia tahun 2010-2018. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif dan korelasional dan data yang digunakan adalah data sekunder. Penelitian ini menggunakan tipe data panel yang menggabungkan antara data time series dan data cross section. Hasil penelitian menunjukan regresi yang diperoleh bahwa variabel pendapatan nasional, jumlah penduduk dan pengeluaran pemerintah masing-masing mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap konsumsi masyarakat. Sedangkan untuk variabel suku bunga dan inflasi tidak memiliki pengaruh positif namun berpengaruh signifikan terhadap konsumsi masyarakat Indonesia. Berdasarkan hasil regresi secara simultan diperoleh bahwa variabel yang tercantum yaitu pendapatan nasional, suku bunga, jumlah penduduk, inflasi dan pengeluaran pemerintah secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap konsumsi masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Nasional, Suku Bunga, Jumlah Penduduk, Inflasi, Pengeluaran Pemerintah, Konsumsi Masyarakat.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > Community
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:42
Last Modified: 30 Aug 2021 01:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44972

Actions (login required)

View Item View Item