PERBEDAAN LEBAR SPILLWAY TERHADAP DEBIT INFLOW DAN OUTFLOW PENELUSURAN BANJIR TERHADAP BENDUNGAN CACABAN TEGAL


Desy kusumawati, 5113414012 (2020) PERBEDAAN LEBAR SPILLWAY TERHADAP DEBIT INFLOW DAN OUTFLOW PENELUSURAN BANJIR TERHADAP BENDUNGAN CACABAN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN LEBAR SPILLWAY TERHADAP DEBIT INFLOW DAN OUTFLOW PENELUSURAN BANJIR TERHADAP BENDUNGAN CACABAN TEGAL] PDF (PERBEDAAN LEBAR SPILLWAY TERHADAP DEBIT INFLOW DAN OUTFLOW PENELUSURAN BANJIR TERHADAP BENDUNGAN CACABAN TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelusuran banjir (flood rounting) adalah prosedur untuk menentukan waktu debit aliran (hidrograf aliran) suatu btitik pada aliran berdasarkan hidrograf yang diketahui disebelah hulu Pelimpah pada suatu bendungan merupakan suatu bangunan yang mutlak diperlukan keberadaannya. Bangunan pelimpah berfungsi untuk mengalirkan air banjir yang masuk ke dalam bendungan agar tidak membahayakan keamanan tubuh bendungan. Salah satu cara yang bisa digunakan dalam menentukan lebar efektif pelimpah pada suatu bendungan adalah dengan menggunkan penelusuran banjir (flood rounting) pada suatu bendungan (reservoir). Penelitian ini bertujuan untuk mngetahui pengaruh lebar spillway terhadap tinggi aliran diatas mercu. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan analisis data primer dan sekunder yang telah didapat. Penelitian ini dilakukan pada Bendungan Cacaban yang terletak di Kota Tegal. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan meliputi kondsisi existing spillway yang didapat dari pengamatan dan pengukuran di lokasi. Data-data hidrologi, data-data hidrograf banjir dan data yang terkait untuk penelitian. Data permeabilitas tanah menggunakan metode insitu. Data sekunder yang digunakan diperoleh dari instansi seperti Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana. Adapun data sekunder yang diperlukan terkait dengan wilayah studi adalah kondisi umum wilayah studi, curah hujan jangka panjang atau curah hujan harian. Hasil penelitian ini adalah penelusuran banjir yang dilakukan berdasarkan lebar spillway 50 m memiliki angka elevasi 79,9972 dengan keterangan tidak over topping. Lebar spillway 58 m memiliki angka elevasi 79,9313 dengan keterangan tidak over topping. Kemudian untuk lebar spillway 60 m memiliki angka elevasi 79,9153 dengan keterangan tidak over topping, dan untuk lebar spillway 65 m memiliki angka elevasi 79,8758 dengan keterangan tidak over topping.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bendungan, Inflow, Outflow, Flood Rounting
Subjects: L Education > Special Education > Building Engineering Education
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:38
Last Modified: 30 Aug 2021 01:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44971

Actions (login required)

View Item View Item