ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) ( Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia Tahun 2016- 2018)


Adi Nugroho, 7211413185 (2020) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) ( Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia Tahun 2016- 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) ( Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia Tahun 2016- 2018)] PDF (ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) ( Pada Perusahaan Manufaktur di Indonesia Tahun 2016- 2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (962kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi Final_Adi Nugroho_7211413185 - adi nugroho.pdf] PDF
Download (962kB)

Abstract

Nugroho, Adi 2020. “Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr)”. Skripsi. Jurusan Akuntansi S1. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I. . II. Kata kunci : Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Ukuran Dewan Komisaris, dan CSR Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai konsep akuntansi yang baru merupakan transparasi pengungkapan sosial atas aktivitas sosial yang dilakukan perusahaan yang tidak hanya berfokus pada single bottom line yaitu tanggung jawab perusahaan yang hanya berfokus pada kondisi keuangan saja, namun harus berfokus pada triple botton line yaitu tanggung jawab perusahaan yang harus berfokus pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti secara empiris pengaruh profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, kepemilikan saham publik, dan ukuran dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 Populasi dalam penelitia ini adalah perushaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018 sebanyak 468 perusahaan. Sampel penelitian ini terdiri dari 126 perusahaan manufaktur dengan karakteristik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari annual reports. Metode analisis hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik analisis statistik deskriptif, dengan pengujian analisis regresi linear berganda dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan, kepemilikan saham publik, tidak berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Namun, ukuran dewan komisaris berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada laporan keuangan tahunan perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Saham Publik, Ukuran Dewan Komisaris, dan CSR
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:44
Last Modified: 30 Aug 2021 01:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44970

Actions (login required)

View Item View Item