PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2018)


Katrin Prismanitra, 7211416136 (2020) PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2018)] PDF (PENGARUH EARNINGS MANAGEMENT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP TAX AVOIDANCE DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016 - 2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus praktik tax avoidance yang terjadi di Indonesia. Berdasarkan data Kementrian Keuangan, diketahui bahwa tax ratio dari sektor pertambangan mineral dan batu bara di tahun 2016 hanya sebesar 3,9% sedangkan tax ratio nasional di tahun tersebut sebesar 10,4%. Fenomena tersebut menunjukkan bahwa praktik tax avoidance di Indonesia masih tergolong tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai hubungan antara earnings management dan corporate social responsibility terhadap tax avoidance yang dimoderasi oleh komisaris independen, komite audit dan kepemilikan institusional. Populasi penelitian merupakan 49 perusahaan pertambangan dengan 3 tahun periode pengamatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu sehingga didapatkan sampel penelitian yang terdiri dari 97 tahun-perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dalam periode 2016-2018. Tax Avoidance merupakan variabel dependen dalam penelitian ini yang diukur dengan book tax differences (BTD). Analisis data menggunakan moderated regression analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa earnings management berpengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance sedangkan, corporate social responsibility berpengaruh negatif signifikan terhadap tax avoidance. Sementara itu, kepemilikan institusional memiliki kemampuan untuk memoderasi (memperlemah) pengaruh earnings management terhadap tax avoidance. Simpulan penelitian menunjukkan tinggi rendahnya praktik tax avoidance dapat dipengaruhi oleh corporate social responsibility dan earnings management serta dapat pula diperlemah oleh kehadiran kepemilikan institusional. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu: Peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel lain seperti struktur kepemilikan. Perusahaan perlu mengimplementasikan corporate social responsibility dan good corporate governance secara baik agar mendapatkan kepercayaan publik serta menarik investor untuk mencapai tujuan bersama. Investor hendaknya memperhatikan presentase kepemilikan institusional sebagai rujukan telah terselenggaranya pengawasan atas kebijakan yang dibuat pihak manajemen.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Earnings Management, Corporate Social Responsibility, Tax Avoidance.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:34
Last Modified: 30 Aug 2021 01:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44968

Actions (login required)

View Item View Item