KARANGANYAR FOLK ART AND GALLERY DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER


Ervina Prihandani, 5112416039 (2020) KARANGANYAR FOLK ART AND GALLERY DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KARANGANYAR FOLK ART AND GALLERY DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER] PDF (KARANGANYAR FOLK ART AND GALLERY DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR KONTEMPORER) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dari keberagaman kebudaayan yang terdapat di Indonesia, kesenian merupakan salah satu warisan yang sangat penting karena melambangkan identitas dari negara Indonesia itu sendiri. Salah satunya yaitu Seni Rakyat (Folk Art). Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki antusiasme besar dalam aspek seni dan juga budayanya. Di Kabupaten Karanganyar sendiri, Folk Art atau Seni Rakyat mulai berkembang dan dikenal sejak tahun 1792 dan memiliki potensi yang sangat tinggi untuk dapat berkembang dimasa yang akan datang. Namun dibalik itu, sangat disayangkan bahwa ternyata minat seni masyarakat Surakarta dan sekitarnya, termasuk Kabupaten Karanganyar semakin tahun semakin terkikis oleh zaman. Rani Putri Pratiwi, berpendapat bahwa sebenarnya minat masyarakat Surakarta dan sekitarnya terhadap seni termasuk seni rakyat memang mulai memudar pada akhir tahun 1990-an. Maka dari itu, untuk menampung perkembangan seni rakyat dan menumbuhkan kembali kesenian tradisional di Kabupaten Karanganyar dibutuhkan Galeri Seni Rakyat (Folk Art and Gallery) yang tidak hanya memiliki misi dokumentasi saja, tetapi juga berperan dalam poses penciptaan, memamerkan dan pengapresiasian suatu karya seni.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Galeri Seni Rakyat, kesenian tradisional, memamerkan, Kabupaten
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:27
Last Modified: 30 Aug 2021 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44967

Actions (login required)

View Item View Item