SOLO MIXED USE CREATIVE HUB AND RENTAL OFFICE DENGAN PENEKANAN DESIGN MILLENIALISM


Eka Dyah Rachmawati, 5112416030 (2020) SOLO MIXED USE CREATIVE HUB AND RENTAL OFFICE DENGAN PENEKANAN DESIGN MILLENIALISM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SOLO MIXED USE CREATIVE HUB AND RENTAL OFFICE DENGAN PENEKANAN DESIGN MILLENIALISM] PDF (SOLO MIXED USE CREATIVE HUB AND RENTAL OFFICE DENGAN PENEKANAN DESIGN MILLENIALISM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Ditengah masa revolusi industri 4.0 ini, Kota Solo merupakan salah satu kota yang antusias dalam mendukung Nawacita Presiden Joko Widodo untuk menjadikan ekonomi kreatif sebagai pilar ekonomi Indonesia. Kota Solo sangat potensial terhadap 4 sub sektor industri kreatif dari 16 sub sektor industri kreatif yang dikeluarkan BEKRAF yaitu kerajinan, fashion, film dan animasi. Perencanaan sebuah Solo Mixed Use Creative Hub and Rental Office Dengan Penekanan Design Millennialism diperlukan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia khususnya di Kota Solo. Bangunan tersebut akan dibangun dengan menekankan 3 program, yaitu sebagai pusat pendidikan dan pelatihan, pusat promosi pemsasaran dan sebagai pusat inkubator bisnis. Dengan penekanan design millennialism, karya arsitektur Solo Mixed Use Creative Hub and Rental Office diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi generasi milenial yang notabenenya adalah penggiat industri kreatif dan usia produktif. Tantangan bagi Solo Mixed Use Creative Hub and Rental Office adalah memastikan adanya trickling effect atau efek ikut berkembangnya lingkungan sekitar kawasan karena keberadaan bangunan ini. Bangunan ini dibangun di atas tanah dengan luas 1,28 Ha di Jl.Adi Sucipto Surakarta. Untuk mendapat rincian kebutuhan ruang dan luas bangunan, maka dilakukan beberapa analisis. Didapat luasan bangunan yang akan direncanakan adalah 26.020,95 m2 atau dibulatkan menjadi 2,6 Ha. Perencanaan bangunan ini sudah dicakup kedalam analisis fisik, biological, kultural, arsitektural, teknik dan kinerja yang di dalamya dibagi lagi secara terperinci.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Industri Kreatif; Creative Hub; Rental Office; Millennialism; Kota Solo
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:16
Last Modified: 30 Aug 2021 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44964

Actions (login required)

View Item View Item