PUSAT PERTUNJUKAN MUSIK DI KOTA SEMARANG DENGAN PENEKANAN DESAIN AKUSTIK RUANG


Novan Iriawan, 5112416024 (2020) PUSAT PERTUNJUKAN MUSIK DI KOTA SEMARANG DENGAN PENEKANAN DESAIN AKUSTIK RUANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PUSAT PERTUNJUKAN MUSIK DI KOTA SEMARANG DENGAN PENEKANAN DESAIN AKUSTIK RUANG] PDF (PUSAT PERTUNJUKAN MUSIK DI KOTA SEMARANG DENGAN PENEKANAN DESAIN AKUSTIK RUANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Semarang sebagai Ibu kota Jawa Tengah, sangat sering didatangi oleh para group band/musisi besar tanah air, bukan hanya musisi dalam negeri ada juga musisi luar negeri yang datang untuk menggelar konser/pertunjukannya di Kota Semarang ini. Berbagai jenis aliran musik seperti pop, rock, jazz, blues, hingga musik tradisional sudah mewarnai dan menggelar pertunjukannya di Kota Semarang. Akan tetapi konser/pertunjukan seringkali diadakan di ruang-ruang pertemuan biasa seperti stadion, kampus-kampus, diskotik ataupun di tempat lainnya yang tidak dikhususkan untuk kegiatan semacam ini, sehingga gelombang suara yang dihasilkan oleh sumber suara kurang maksimal dipendengaran. Melihat akan hal ini penulis ingin membuat sebuah Pusat Pertunjukan Musik sebagai wadah bagi para musisi untuk mengenalkan dan mengembangkan musiknya di Kota Semarang. Pemilihan lokasi tapak perencanaan diperlukan sebuah lokasi yang tepat dari segi peruntukan lahan, lahan yang tepat adalah lahan yang diperuntukkan sebagai kawasan Perdagangan dan Jasa, aksebilitas yang mudah dijangkau, jaringan infrastruktur juga sangat diperlukan dalam pemilihan lokasi guna untuk mendukung sarana yang ada dalam bangunan. Dari beberapa kriteria di atas dipilihlah satu site rencana yang berada di Jl. Jenderal Sudirman dan Jl. Yos Sudarso, Kota Semarang. dengan luas 1,2 ha. Pendekatan perencanaan Pusat Pertunjukan Musik ini meliputi 5 aspek, yaitu aspek fungsional, aspek kontekstual, aspek teknis, aspek kinerja, dan aspek arsitektural. Penekanan desain akustik ruang pada Pusat Pertunjukan Musik merupakan satu kesatuan yang tidak terlepaskan, karena gedung pertunjukan yang baik harus memiliki akustik ruang yang baik pula. Pennerapan desain akustik ruang pada Pusat Pertunjukan Musik Di Kota Semarang ini meliputi denah panggung, penataan panggung, penataan langit-langit/dinding, penggunaan material penyerap/pemantul bunyi, dan sistem tata suara. Diharapkan Pusat Pertunjukan Musik ini dapat meningkatkan dunia perindustrian musik di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pusat Pertunjukan Musik, Kota Semarang, Akustik Ruang
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:12
Last Modified: 30 Aug 2021 01:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44963

Actions (login required)

View Item View Item