GEDUNG SENI TARI MODERN DI SEMARANG DENGAN PENDEKATAN HIGH-TECH ARCHITECTURE


Ryan Dwiyantoro, 5112416019 (2020) GEDUNG SENI TARI MODERN DI SEMARANG DENGAN PENDEKATAN HIGH-TECH ARCHITECTURE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GEDUNG SENI TARI MODERN DI SEMARANG DENGAN PENDEKATAN HIGH-TECH ARCHITECTURE] PDF (GEDUNG SENI TARI MODERN DI SEMARANG DENGAN PENDEKATAN HIGH-TECH ARCHITECTURE) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Semarang merupakan Ibu Kota Jawa Tengah dengan jumlah masyarakat yang cukup banyak, khususnya pada kalangan remaja yang mempunyai berbagai bakat dan minat termasuk modern dance. Perkembangan modern dance di Semarang sangat pesat, dimana kota Semarang menjadi pusat berbagai event modern dance bagi banyaknya dancer, baik dari beberapa kota yang ada di provinsi Jawa Tengah maupun provinsi lainnya. Namun di kota Semarang Gedung Seni Tari Modern sangat jarang ditemukan, kebanyakan para dancer latihan dengan studio yang disewakan atau tempat umum dan belum ada gedung khusus atau khawasan yang diperuntukan untuk kegiatan modern dance, khususnya untuk event world dance day atau hari tari dunia, di kota Semarang belum ada tempat khusus yang sesuai kriteria untuk mengapresiasi acara tersebut. Semarang memiliki geografi daerah pegunungan dan pantai, dengan melakukan analisa site yang dilakukan, maka didapat site terpilih yaitu berada di Jalan Gajah Raya, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang dengan luasan site ± 28.806 m2 atau 2,88 Ha. Untuk kebutuhan ruang dan luasan bangunan, dilakukan dengan analisa pendekatan aspek fungsional. Dalam analisa tersebut, mendapatkan analisa luasan bangunan yang akan dibangun adalah ± 9,602 atau 1 Ha. Pada aspek teknik, perencanaan Gedung Seni Tari Modern di Semarang menggunakan pondasi minipile pada bangunan utama dan pondasi batu laut. Dengan adanya Gedung Seni Tari Modern dengan Pendekatan High-Tech Architecture ini diharapkan dapat menjadikan daya tarik dan memenuhi kebutuhan pengunjung, khususnya para dancer.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dancer, Gedung Seni Tari Modern, High-Tech Architecture
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
T Technology > TH Building construction
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 30 Aug 2021 01:08
Last Modified: 30 Aug 2021 01:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44961

Actions (login required)

View Item View Item