PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI PADA KREATIVITAS DENGAN KEPERCAYAAN PADA PEMIMPIN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Karyawan PDAM Kabupaten Kudus)


Nabila Aninditriana, 7311416080 (2020) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI PADA KREATIVITAS DENGAN KEPERCAYAAN PADA PEMIMPIN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Karyawan PDAM Kabupaten Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI PADA KREATIVITAS DENGAN KEPERCAYAAN PADA PEMIMPIN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Karyawan PDAM Kabupaten Kudus)] PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN KEPEMIMPINAN YANG MELAYANI PADA KREATIVITAS DENGAN KEPERCAYAAN PADA PEMIMPIN SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI (Studi Pada Karyawan PDAM Kabupaten Kudus)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kreativitas karyawan merupakan kemampuan yang dimiliki oleh karyawan untuk menghasilkan suatu kebaruan yang memiliki nilai lebih dan kebermanfaatan yang sebelumnya belum ada, dan dapat diterapkan dalam pekerjaan. Ide-ide kreatif tersebut berupa barang/produk, jasa, alat atau teknologi, sistem, serta prosedur untuk keberlangsungan organisasi atau perusahaan. Kreativitas karyawan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kepemimpinan transformasional, kepemimpinan yang melayani, dan kepercayaan pada pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh mediasi kepercayaan pada pemimpin dalam hubungan antara kepemimpinan transformasional dan kepemimpinan yang melayani pada kreativitas karyawan. Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Kudus. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 karyawan. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis berupa SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh positif namun tidak signifikan pada kreativitas karyawan namun memiliki pengaruh signifikan pada kepercayaan pada pemimpin, sedangkan kepemimpinan yang melayani memiliki pengaruh positif dan signifikan pada kreativitas karyawan dan kepercayaan pada pemimpin. Kemudian, ketika dimediasi oleh kepercayaan pada pemimpin, kepemimpinan transformasional memiliki pengaruh signifikan pada kreativitas karyawan dan kepemimpinan yang melayani berpengaruh signifikan pada kreativitas karyawan. Simpulan dari penelitian ini yaitu kepemimpinan transformasional dapat berpengaruh secara langsung pada kreativitas karyawan, namun pengaruh yang diberikan tidak cukup kuat. Pengaruh tersebut dapat diperkuat dengan adanya mediasi kepercayaan pada pemimpin. Sedangkan kepemimpinan yang melayani memiliki pengaruh yang semakin kuat pada kreativitas karyawan melalui mediasi kepercayaan pada pemimpin. Saran untuk karyawan agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan pimpinan, guna dapat menciptakan kemistri dalam menumbuhkan kreativitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional, Kepemimpinan yang Melayani, Kreativitas, Kepercayaan pada Pemimpin.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Aug 2021 05:12
Last Modified: 29 Aug 2021 05:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44957

Actions (login required)

View Item View Item