PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2013-2019


Indah Nawindra, 7311416051 (2020) PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2013-2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2013-2019] PDF (PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA (ISSI) PERIODE 2013-2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Setiap perkembangan di pasar modal syariah tidak lepas dari pengaruh faktor makroekonomi. Investor umumnya percaya bahwa kegiatan makroekonomi memberikan dampak besar pada volatilitas harga saham. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis pengaruh makroekonomi terhadap Indeks Saham Syariah indonesia (ISSI). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data harga penutupan tiap akhir bulan selama periode Januari 2013 – Desember 2019 kurs, BI Rate, inflasi, harga minyak dunia, harga emas dunia, dan Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 data observasi dan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Pengolahan data menggunakan Eviews 9. Teknik analisa yang dipakai dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM) yaitu untuk mengetahui pengaruh jangka pendek dan jangka panjang makroekonomi terhadap Indeks Saham Syariah indonesia (ISSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara jangka pendek variabel kurs berpengaruh signifikan terhadap ISSI, sedangkan variabel BI Rate, inflasi, harga minyak dunia dan harga emas dunia tidak berpengaruh terhadap ISSI. Secara jangka panjang variabel kurs, BI Rate, inflasi dan harga emas dunia berpengaruh signifikan terhadap ISSI, sedangkan variabel harga minyak dunia tidak berpengaruh terhadap ISSI. Saran dalam penelitian ini adalah bagi peneliti selanjutnya sebaiknya mengganti variabel makroekonomi yang tidak berpengaruh dalam penelitian ini dengan variabel yang lebih relevan seperti data APBN Indonesia, jumlah uang beredar, dan Produk Domestik Bruto (PDB) agar mendapatkan hasil penelitian yang lebih baik. Bagi para investor yang akan melakukan transaksi investasi saham berbasis syariah di Bursa Efek Indonesia (BEI), hendaknya memperhatikan faktor-faktor mengenai makroekonomi sebelum mengambil keputusan untuk berinvestasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kurs, BI Rate, Inflasi, Harga Minyak dan Emas Dunia, ISSI.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Aug 2021 04:50
Last Modified: 29 Aug 2021 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44954

Actions (login required)

View Item View Item