“REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PELANTIKAN JOKOWI-MA’RUF SEBAGAI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN” (Event Study Pada Indeks LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia)


Muhammad Al Kayyisu, 7311415205 (2020) “REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PELANTIKAN JOKOWI-MA’RUF SEBAGAI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN” (Event Study Pada Indeks LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PELANTIKAN JOKOWI-MA’RUF SEBAGAI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN” (Event Study Pada Indeks LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia)] PDF (“REAKSI PASAR MODAL TERHADAP PELANTIKAN JOKOWI-MA’RUF SEBAGAI PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN” (Event Study Pada Indeks LQ-45 Di Bursa Efek Indonesia)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pasar modal sebagai salah satu instrumen ekonomi memiliki peran besar bagi perekonomian suatu negara. Pasar modal tidak akan lepas dari berbagai pengaruh lingkungan, baik lingkungan ekonomi maupun non-ekonomi. Peristiwa tertentu kerap menjadi faktor pemicu utama fluktuasi harga saham di bursa efek dunia. Informasi yang relevan bagi investor akan sangat membantu dalam menilai prospek kinerja emiten sehingga para investor memiliki gambaran mengenai risiko dan expected return atas dana yang telah atau akan diinvestasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan average abnormal return, average trading volume activity dan average security return variability antara sebelum dan sesudah peristiwa pelantikan Jokowi-Ma’ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Metode purposive sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel sebanyak 42 perusahaan. Periode penelitian terbatas pada t-7 sebelum peristiwa dan t+7 setelah peristiwa. Alat uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada average abnormal return dan average security return variability antara sebelum dan sesudah peristiwa pelantikan Jokowi-Ma’ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Sedangkan pada average trading volume activity terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah peristiwa pelantikan Jokowi-Ma’ruf sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan pada average abnormal return dan average security return variability sebelum dan sesudah peristiwa, yang artinya Ha1 dan Ha3 ditolak. Sedangkan terdapat perbedaan average trading volume activity sebelum dan sesudah, yang artinya Ha2 diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi peneliti selanjutnya apabila menggunakan variabel yang sama untuk mengukur reaksi pasar modal terhadap suatu peristiwa, maka peneliti harus lebih teliti dalam memilih suatu peristiwa atau event study yang sedang ramai diperbincangkan, dan diperhatikan juga dalam periode penelitian apakah terdapat peristiwa lain yang dapat berpengaruh terhadap pasar atau tidak. Bagi praktisi, disarankan agar dapat menganalisis informasi yang didapat secara tepat terkait harga saham dan kandungan informasi apakah merupakan good news atau bad news, agar memperoleh feedback yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Average Abnormal Return, Average Trading Volume Activity, Average Security Return Variability
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 29 Aug 2021 02:22
Last Modified: 29 Aug 2021 02:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44942

Actions (login required)

View Item View Item