“ANALISIS TEORI YANG MENJELASKAN KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2018”


Trisna Amalia Sholekhah, 7311415149 (2020) “ANALISIS TEORI YANG MENJELASKAN KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2018”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “ANALISIS TEORI YANG MENJELASKAN KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2018”] PDF (“ANALISIS TEORI YANG MENJELASKAN KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2018”) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan dividen merupakan keputusan tentang seberapa banyak laba saat ini yang akan dibayarkan sebagai dividen daripada ditahan untuk diinvestasikan dalam perusahaan. Data yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia menunjukkan masih banyak perusahaan yang tidak membayarkan dividen secara konsisten, sedangkan kebijakan dividen berguna sebagai sebuah sinyal yang diberikan kepada pihak luar atas kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji berbagai teori kebijakan dividen pada perusahaan di Indonesia. Teori kebijakan dividen seperti signalling theory, agency theory, life cycle theory, clientele effect theory, dan catering theory diuji dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2012-2018. Metode pengambilan sampel ini yaitu menggunakan purposive sampling yang menghasilkan Sampel sebanyak 99 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil uji model menunujukkan bahwa model estimasi data panel common effect model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa signalling theory (Profitabilitas), life cycle theory (Ukuran Perusahaan), dan clientele effect theory (Pajak) secara relevan mempengaruhi perilaku perusahaan secara positif terhadap kebijakan dividen, sedangkan ix agency theory (Leverage) dan catering theory (Premium Dividen) mempengaruhi perilaku perusahaan secara negatif terhadap kebijakan dividen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teori yang relevan digunakan pada kebijakan dividen perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia adalah signalling theory, life cycle theory, dan clientele effect theory

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Dividen, Teori, Signalling theory, Agency theory, Life cycle theory, Clientele effect theory, Catering theory
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Aug 2021 12:48
Last Modified: 28 Aug 2021 12:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44931

Actions (login required)

View Item View Item