PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, STRUKTUR MODAL, FREE CASH FLOW DAN MATURITY TERHADAP KEBIJAKAN INISIASI DIVIDEN (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2018)


Sri Sulistiawati, 7311415099 (2020) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, STRUKTUR MODAL, FREE CASH FLOW DAN MATURITY TERHADAP KEBIJAKAN INISIASI DIVIDEN (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, STRUKTUR MODAL, FREE CASH FLOW DAN MATURITY TERHADAP KEBIJAKAN INISIASI DIVIDEN (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2018)] PDF (PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN, STRUKTUR MODAL, FREE CASH FLOW DAN MATURITY TERHADAP KEBIJAKAN INISIASI DIVIDEN (Studi pada Perusahaan yang Melakukan Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Perusahaan membutuhkan sejumlah dana untuk melaksanakan kegiatan operasionalnya guna mencapai tujuan perusahaan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan memperoleh pendanaan dari luar perusahaan yaitu dengan melakukan Initial Public Offering (IPO) atau go public. Namun perusahaan juga perlu memberikan keuntungan kepada pemegang saham berupa dividen. Kebijakan pembayaran dividen pertama kali yang dilakukan perusahaan setelah IPO disebut kebijakan inisiasi dividen. Kebijakan inisiasi dividen membawa konsekuensi tanggung jawab perusahaan secara finansial yang cukup fundamental, karena ketika pertama kali perusahaan memulai membayarkan dividen maka perusahaan dituntut untuk mampu menjaga konsistensi pembayaran dividen secara periodik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan inisiasi dividen yang mencakup Struktur Kepemilikan, Struktur Modal, Free Cash Flow dan Maturity. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang melakukan IPO tahun 2011-2018 dengan jumlah 220, sedangkan sampelnya berjumlah 42. Pendekatan yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda menggunakan program Eviews 9. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa free cash flow berpengaruh positif signifikan terhadap kebijakan inisiasi dividen. Sedangkan variabel struktur kepemilikan, struktur modal dan maturity tidak berpengaruh terhadap kebijakan inisiasi dividen. Simpulan dari penelitian ini, variabel free cash flow adalah variabel yang berpengaruh terhadap kebijakan inisiasi dividen. Semakin tinggi free cash flow perusahaan maka semakin tinggi kebijakan inisiasi dividen. Saran untuk perusahaan dan investor adalah lebih memperhatikan tingkat struktur modal dan maturity sebelum melakukan kebijakan inisiasi dividen agar dapat menguntungkan kedua pihak antara perusahaan dan investor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Free Cash Flow, Maturity, Kebijakan Inisiasi Dividen.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Aug 2021 12:34
Last Modified: 28 Aug 2021 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44930

Actions (login required)

View Item View Item