PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN – PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)


Lestari Sita Tristanti, 7311414197 (2020) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN – PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN – PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)] PDF (PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN – PERUSAHAAN YANG TERCATAT DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Profitabilitas merupakan tolak ukur untuk mengetahui kemampuan perusahaan menghasilkan laba dan menjamin kelangsungan kegiatan perusahaan di masa yang akan datang. Peningkatan profitabilitas mengindikasikan perusahaan telah memaksimalkan penggunaan sumber daya yang dimiliki untuk menghasilkan laba yang dapat meningkatkan kesejahteraan pemegang saham melalui kebijakan deviden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan terhadap profitabilitas perusahaan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor finance yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2018. Jumlah populasi pada penelitian ini adalah 92 perusahaan. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel 52 perusahaan. Pengolahan data menggunakan SPSS 24 dengan menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan Y= 1,488-0,004X1+0,101X2. Hasil penelitian menunjukkan kepemilikan institusional tidak terbukti berpengaruh terhadap profitabilitas, sedangkan kepemilikan manajerial terbukti berpengaruh positif terhadap profitabilitas perusahaan sektor finance yang terdaftar di BEI pada tahun 2017-2018. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa meningkat atau menurunnya kepemilikan institusional perusahaan tidak akan mempengaruhi profitabilitas perusahaan, sedangkan semakin tinggi proporsi kepemilikan manajerial akan meningkatkan profitabilitas perusahaan. Saran yang dapat diberikan kepada pihak manajemen perusahaan, sebaiknya perusahaan lebih meningkatkan proporsi kepemilikan manajerial perusahaan karena besarnya proporsi kepemilikan manajerial perusahaan dapat meningkatkan profitabilitas. Bagi investor, sebaiknya memperhatikan struktur kepemilikan perusahaan sebelum menginvestasikan dananya agar bisa mendapatkan pengembalian yang optimal atas dana yang telah diinvestasikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Profitabilitas (ROA)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Aug 2021 12:11
Last Modified: 28 Aug 2021 12:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44928

Actions (login required)

View Item View Item