PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)


Arumtika Priyandani, 7211416181 (2020) PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)] PDF (PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN LIKUIDITAS TERHADAP KUALITAS LABA DENGAN KONSERVATISME AKUNTANSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas laba merupakan laba yang mencerminkan kinerja yang sesungguhnya sehingga tidak menyesatkan para pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan likuiditas terhadap kualitas laba dengan konservatisme akuntansi sebagai pemoderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2016 hingga tahun 2018 yang malaporkan laporan keuangannya sejumlah 173 perusahaan. Sampel yang digunakan berjumlah 63 perusahaan yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Moderate Regression Analysis (MRA) dengan bantuan program IBM SPSS Statistics 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur modal, ukuran perusahaan dan likuiditas tidak perpengaruh terhadap kualitas laba. Konservatisme akuntansi tidak mampu memperkuat atau memperlemah pengaruh ukuran perusahaan terhadap kualitas laba. Akan tetapi konservatisme akuntansi mampu memperlemah pengaruh struktur modal terhadap kualitas laba. Sedangkan konservatisme akuntansi mampu memperkuat pengaruh likuiditas terhadap kualitas laba. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan pengukuran yang berbeda pada variabel yang digunakan, menambah periode pengamatan dan menggunakan objek penelitain selain perusahaan manufaktur. sehingga hasil analisis yang diperoleh lebih tergeneralisasi. Selain itu penelitian selanjutnya dapat mengembangkan variabel penelitian lain dan menggunakan pengukuran variabel yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas laba, struktur modal, ukuran perusahaan, likuiditas, konservatisme akuntansi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Aug 2021 11:55
Last Modified: 28 Aug 2021 11:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44926

Actions (login required)

View Item View Item