PENGARUH BEBAN PAJAK, MEKANISME BONUS, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2016 – 2019)


Suryani Malik, . 7211416175 (2020) PENGARUH BEBAN PAJAK, MEKANISME BONUS, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2016 – 2019). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BEBAN PAJAK, MEKANISME BONUS, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2016 – 2019)] PDF (PENGARUH BEBAN PAJAK, MEKANISME BONUS, DAN TUNNELING INCENTIVE TERHADAP KEPUTUSAN TRANSFER PRICING DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI Periode 2016 – 2019)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Transfer pricing merupakan harga yang terkandung dalam setiap produk atau jasa yang ditransfer dari satu divisi ke divisi lain atau ke perusahaan lain yang mempunyai hubungan istimewa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beban pajak, mekanisme bonus, dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing dengan profitabilitas sebagai variabel moderating. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016 - 2019. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel akhir sebanyak 16 perusahaan dengan 45 unit analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi dengan uji nilai selisih mutlak. Pengujian hipotesis menggunakan aplikasi IBM SPSS Versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban pajak dan mekanisme bonus tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Tunneling incentive berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan transfer pricing. Profitabilitas memoderasi secara signifikan hubungan antara variabel beban pajak dengan transfer pricing, namun tidak memoderasi hubungan antara mekanisme bonus dan tunneling incentive dengan transfer pricing. Simpulan dari penelitian ini adalah variabel tunneling incentive berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan transfer pricing, sedangkan beban pajak dan mekanisme bonus tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Profitabilitas memoderasi secara signifikan pengaruh beban pajak terhadap keputusan transfer pricing, namun tidak memoderasi pengaruh mekanisme bonus dan tunneling incentive terhadap keputusan transfer pricing. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu dapat menggunakan variabel lain karena masih rendahnya nilai pengaruh yang diberikan oleh variabel independen dan dapat menggunakan proksi lain untuk mengukur variabel transfer pricing.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Transfer Pricing, Beban Pajak, Mekanisme Bonus, Tunneling Incentive, Profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Aug 2021 11:46
Last Modified: 28 Aug 2021 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44925

Actions (login required)

View Item View Item