PENGARUH UKURAN KAP, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN


Adris Kuncoro, 7211416098 (2020) PENGARUH UKURAN KAP, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH UKURAN KAP, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN] PDF (PENGARUH UKURAN KAP, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, DAN KOMITE AUDIT TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Laporan keuangan menjadi hal penting bagi para penggunanya, kualitas pada laporan keuangan berperan penting dalam pengambilan keputusan. Ketepatan pengambilan keputusan dipengaruhi oleh tingginya kualitas laporan keuangan. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis hubungan yang ada antara ukuran KAP, kepemilikan institusional, dan komite audit terhadap kualitas laporan keuangan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018 sebanyak 616 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang menghasilkan 547 perusahaan. Analisis data yang digunakan adalah inferensial regresi logistik dan pengujian hipotesis dengan metode analisis statisktik deskriptif menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian bahwa secara ukuran KAP berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan. Kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Komite audit berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan. Secara simultan variabel ukuran KAP, kepemilikan institusional, dan komite audit secara berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Simpulan dari penelitian ini adalah ukuran KAP dan komite audit berpengaruh positif terhadap kualitas laporan keuangan. Secara simultan ukuran KAP, kepemilikan institusional dan komite audit berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Saran yang dapat diberikan pada penelitian diharapkan penelitian selanjutnya dapat menambahkan periode penelitian, menambankan variabel-variabel, dan menggunakan proksi lain pada pengukuran. Bagi perusahaan diharapkan dapat menggunakan ukuran KAP dan komite audit dengan baik agar dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ukuran KAP, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Kualitas Laporan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Aug 2021 10:15
Last Modified: 28 Aug 2021 10:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44912

Actions (login required)

View Item View Item