PERAN PROFITABILITAS DALAM MEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT


Nurmiyanti, 7211416095 (2020) PERAN PROFITABILITAS DALAM MEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PROFITABILITAS DALAM MEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT] PDF (PERAN PROFITABILITAS DALAM MEMODERASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Sustainability report merupakan laporan yang berisi tanggung jawab ekonomi, sosial, dan lingkungan atas aktivitas bisnis perusahaan. Pengungkapan sustainability report penting untuk dilakukan karena tingkat pengungkapan sustainability report di Indonesia masih tergolong rendah. Pengungkapan sustainability report dimaksudkan untuk mendapatkan legitimasi dari masyarakat dan memenuhi kepentingan stakeholders. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran profitabilitas dalam memoderasi faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan sustainability report. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2018 sebanyak 592 perusahaan. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria perusahaan non keuangan yang terdaftar dan menerbitkan laporan keuangan serta sustainability report selama tahun 2015-2018. Berdasarkan teknik ini, diperoleh sampel perusahaan non keuangan sebanyak 26 perusahaan sehingga diperoleh 99 unit analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan software IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ukuran perusahaan, dewan direksi, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap pengungkapan sustainability report. Leverage dan likuiditas berpengaruh negatif signifikan terhadap pengungkapan sustainability report. Profitabilitas memoderasi pengaruh antara leverage terhadap pengungkapan sustainability report. Sementara itu, profitabilitas tidak dapat memoderasi pengaruh antara ukuran perusahaan, likuiditas, dewan direksi, dan komite audit terhadap pengungkapan sustainability report. Simpulan dari penelitian ini adalah dari sepuluh hipotesis, yang diterima hanya dua hipotesis yaitu leverage berpegaruh positif terhadap pengungkapan sustainability report dan profitabilitas memoderasi pengaruh antara leverage terhadap pengungkapan sustainability report. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mempertimbangkan indeks referensi POJK sebagai pedoman pengungkapan sustainability report pada lembaga jasa keuangan, emiten, dan perusahaan publik. Selain itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan variabel dan pengukuran yang berbeda seperti profitabilitas diukur dengan return on equity.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sustainability Report, Ukuran Perusahaan, Leverage, Likuiditas, Dewan Direksi, Komite Audit, Profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Aug 2021 10:07
Last Modified: 28 Aug 2021 10:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44911

Actions (login required)

View Item View Item