PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPUTUSAN INVESTASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)


Shinta Wijayaningsih, 7211416074 (2020) PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPUTUSAN INVESTASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPUTUSAN INVESTASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)] PDF (PENGARUH STRUKTUR MODAL, UKURAN PERUSAHAAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KEPUTUSAN INVESTASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR ANEKA INDUSTRI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Nilai perusahaan adalah nilai jual yang dicapai perusahaan dari hasil menilai, mengevaluasi, mengukur, dan menggambarkan kinerja perusahaan yang telah dilaksanakan sebagai bentuk gambaran dari kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh struktur modal, ukuran perusahaan dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan keputusan investasi sebagai variabel moderasi pada perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2016-2019. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI tahun 2016-2019 dengan jumlah 49 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 22 perusahaan dengan 72 unit analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, yaitu dengan mengunduh setiap laporan keuangan perusahaan melalui website www.idx.co.id. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) uji interaksi untuk pengujian moderasi dengan software SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan Keputusan investasi mampu memperkuat pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan. Keputusan investasi tidak mampu memperkuat pengaruh struktur modal ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hanya profitabilitas yang berpengaruh positif nilai perusahaan, sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh negatif terhadap nilai perusahaan dan struktur modal tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Keputusan investasi mampu memperkuat profitabilitas, namun tidak mampu memperkuat struktur modal dan ukuran perusahaan. Saran bagi investor maupun calon investor yaitu variabel profitabilitas dapat dijadikan sebagai referensi untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan investasi. Perusahaan yang memiliki profitabilitas tinggi mampu memiliki banyak peluang meningkatkan nilai perusahaan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan variabel moderasi yang lain selain keputusan investasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Perusahaan, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Keputusan Investasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 28 Aug 2021 09:36
Last Modified: 28 Aug 2021 09:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44907

Actions (login required)

View Item View Item