GARAP GERAK TARI DOLALAK LANANG SURYA BUDAYA DESA TLOGOREJO KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PURWOREJO


Deky Ade Saputra, 2501416069 (2020) GARAP GERAK TARI DOLALAK LANANG SURYA BUDAYA DESA TLOGOREJO KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PURWOREJO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GARAP GERAK TARI DOLALAK LANANG SURYA BUDAYA DESA TLOGOREJO KECAMATAN PURWODADI  KABUPATEN PURWOREJO] PDF (GARAP GERAK TARI DOLALAK LANANG SURYA BUDAYA DESA TLOGOREJO KECAMATAN PURWODADI KABUPATEN PURWOREJO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tari Dolalak Lanang Surya Budaya memiliki gerak tari yang khas sehingga disetiap ragam gerak Tari Dolalak memiliki nilai keindahan yang bersumber dari elemen dasar gerak. Masalah yang dikaji adalah Garap Gerak dengan kajian pokok pola gerak, ragam gerak, unsur gerak, dan nilai estetika ragam gerak. Manfaat penelitian yaitu menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Garap Gerak Tari Dolalak Lanang. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menginterpretasikan Garap Gerak Tari Dolalak Lanang yang meliput pola gerak, ragam gerak, unsur gerak, dan nilai estetika ragam gerak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan estetis koreografis. Penelitian Garap Gerak Tari Dolalak Lanang Surya Budaya dalam pengumpulan data teknik yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data diuji kembali melalui triangulasi teori, teknik, dan sumber. Teori yang digunakan dalam proses analisis data menggunakan teori Miles Huberman. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan Garap Gerak Tari Dolalak Lanang meliputi 4 unsur. Pertama pola gerak terdiri dari 3 bagian utama meliputi pola awal, inti, dan akhir. Kedua yaitu ragam gerak meliputi 14 gerak yang bersumber dari pola gerak. Ketiga yaitu unsur gerak meliputi unsur kepala, tangan, badan dan kaki yang dirangkai menjadi sebuah ragam gerak. Keempat yaitu nilai estetis ragam gerak Tari Dolalak Lanang menghasilkan kesan tegas, gagah, energik, dan dinamis. Saran oleh peneliti bagi pelaku seni khususnya Dolalak Lanang Surya Budaya agar dapat melestarikan dan mengembangkan Tari Dolalak Lanang dengan cara memperhatikan garap gerak pada Tari Dolalak Lanang Surya Budaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Dolalak Lanang , Estetika, Garap Gerak
Subjects: L Education > Special Education > Art education
L Education > Special Education > Skills Educations
N Fine Arts > NL Theater and Dance
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:32
Last Modified: 28 Aug 2021 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44903

Actions (login required)

View Item View Item