EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN HAQI (HAYYA QIRA’AH) BERBASIS CONSTRUCT 2 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2019/2020


Hilya Azkia, 2303416003 (2020) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN HAQI (HAYYA QIRA’AH) BERBASIS CONSTRUCT 2 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2019/2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN HAQI (HAYYA QIRA’AH) BERBASIS CONSTRUCT 2 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA             DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA                               MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2019/2020] PDF (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN HAQI (HAYYA QIRA’AH) BERBASIS CONSTRUCT 2 UNTUK KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS BAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA MAN KOTA MAGELANG TAHUN 2019/2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran HAQI (Hayya Qira’ah) berbasis Construct 2. Keterampilan membaca dan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemampuan membaca dan menulis siswa kelas X IPA MAN Kota Magelang tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurangnya variasi media pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu, perlu adanya penerapan media yang inovatif. Salah satunya adalah dengan menerapkan media pembelajaran HAQI dalam pembelajaran. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan dan efektifitas media pembelajaran HAQI terhadap peningkatan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas X IPA MAN Kota Magelang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran HAQI terhadap peningkatan keterampilan membaca dan menulis siswa kelas X IPA MAN Kota Magelang. Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan kuasi eksperimen dengan pola nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes lisan dan tes tertulis. Instrumen non tes yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji hipotesis Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai kelompok eksperimen dari hasil pre-test ke post-test lebih besar dari kelompok kontrol. Besarnya nilai rata-rata post-test membaca kelompok eksperimen adalah 82 dari nilai rata-rata pre-test membaca adalah 78. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata pre-test adalah 72 dan rata-rata post-test adalah 71. Kemudian besarnya nilai rata-rata post-test menulis kelompok eksperimen adalah 82 dari nilai rata-rata pre-test adalah 75. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai rata-rata pre-test adalah 76 dan rata-rata post-test adalah 72. Adapun uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi pre-test dan post-test kelas eksperimen sebesar 0,000 artinya nilai signifikansi<0,005. Maka hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja atau Ha yang menyatakan bahwa media pembelajaran HAQI (Hayya Qira’ah) berbasis construct 2 efektif untuk pembelajaran keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab siswa kelas X IPA MAN Kota Magelang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis, Media
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Reading > ability to read
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > Indonesian > Writing > writing ability
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 28 Aug 2021 03:23
Last Modified: 28 Aug 2021 03:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44902

Actions (login required)

View Item View Item