PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE YANG DIMODERASI OLEH DEWAN KOMISARIS


Annisa Nur Azizah, 7211416068 (2020) PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE YANG DIMODERASI OLEH DEWAN KOMISARIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE YANG DIMODERASI OLEH DEWAN KOMISARIS] PDF (PENGARUH AKUNTANSI LINGKUNGAN TERHADAP FINANCIAL PERFORMANCE YANG DIMODERASI OLEH DEWAN KOMISARIS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan pencemaran lingkungan masih banyak disebabkan oleh perusahaan di Indonesia, hal ini berdampak pada kinerja keuangan yang dapat berakibat pada kelangsungan perusahaan. Fenomena inilah yang melatarbelakangi dilakukannya penelitian terkait kegiatan kepedulian lingkungan yang dapat mempengaruhi kinerja keuangan perusahaan. tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari environmental performance, ISO 14001, environmental disclosure dan environmental cost terhadap financial performance dengan dewan komisaris sebagai moderasi. Populasi penelitian adalah perusahaan peserta PROPER sektor non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019 yang berjumlah 222 perusahaan. Menggunakan metode purposive sampling terpilih sampel sebanyak 41 perusahaan dengan 186 unit analisis. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan metode moderated regression analysis dengan bantuan IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa environmental performance berpengaruh positif signifikan terhadap financial performance, environmental cost berpengaruh negative signifikan terhadap financial performance, sedangkan ISO 14001 dan environmental disclosure tidak berpengaruh signifikan terhadap financial performance. Dewan komisaris tidak mampu memoderasi pengaruh environmental performance, ISO 14001, environmental disclosure, dan environmental cost terhadap financial performance. Saran bagi perusahaan lebih memperhatikan kelestarian lingkungan agar sumber daya yang dibutuhkan untuk operasional perusahaan tetap tersedia. Bagi penelitian selanjutnya dapat menggunakan proksi lain untuk mengukur financial performance, sampel lain, dan alat analisis yang berbeda, agar dapat dijadikan perbandingan hasil.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Environmental Performance, Environmental Disclosure, Environmental Cost, Financial Performance, Dewan Komisaris.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HA Statistics
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 27 Aug 2021 10:49
Last Modified: 27 Aug 2021 10:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/44886

Actions (login required)

View Item View Item